AHMAD BAGUS ISMAIL, BAGUS and Tonny Agus Setiono, Tonny and I Made Suraharta, Made Suraharta and Uriansah Pratama, Uriansah (2020) TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA KERETA API LOKAL PENATARAN RELASI SIDOARJO – MALANG KOTA LAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Jurnal Perkeretaapian Indonesia (Indonesian Railway Journal).pdf Download (2MB) |
Abstract
Keberagaman karakteristik dari penumpang memungkinkan adanya perbedaan penilaian kepuasan, padahal pada dasarnya pihak penyelenggara perkeretaapian harus mampu menciptakan kepuasan secara menyeluruh bagi pelanggan. Melihat kondisi eksisting pada KA Lokal Penataran, pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa di atas kereta masih kurang baik mengingat okupansinya yang rata-rata relatif tinggi. Oleh karena itu, perlu diketahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan jasa Kereta Api Lokal Penataran relasi Sidoarjo – Malang Kota Lama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang dengan metode analisis deskriptif karakteristik penumpang. Indeks kepuasan pelanggan dihitung menggunakan metode analisis CSI (Customer Satisfaction Index). Penilaian tingkat pelayanan yang diberikan PT. KAI khususnya DAOP 8 Surabaya dilihat dari segi tingkat kinerja dan kepentingan. Hasilnya dapat diketahui bahwa tingkat kinerja pelayanan dapat diartikan Cukup Puas, sedangkan tingkat kepentingan dapat diartikan Penting
Actions (login required)
![]() |
View Item |