FAKHRIYAH PUTRI DEAISKA, FAKHRIYAH (2022) MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR RAKYAT TALANG BANJAR KOTA JAMBI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA _STTD.
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI FAKHRIYAH PUTRI DEAISKA.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pasar Rakyat Talang Banjar yang merupakan pasar tradisional terbesar ke dua di Kota Jambi. Selain tidak adanya fasilitas pejalan kaki, terdapat permasalahan lainnya yang menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kepadatan lalu lintas di kawasan Pasar Rakyat Talang Banjar, yaitu aktifitas pedagang kaki lima dan parkir di bahu jalan (on street). Hal ini disebabkan belum terpenuhi tempat bagi pedagang sehingga para pedagang berjualan di bahu jalan dan sangat mempengaruhi lalu lintas yang ada. Selain itu, tidak adanya lahan parkir yang memadai juga menyebabkan kendaraan umum dan kendaraan pribadi parkir di bahu jalan di kawasan Pasar Rakyat Talang Banjar. Kendaraan yang parkir di bahu jalan sangat mempengaruhi lebar efektif jalan dan dapat menyebabkan kepadatan lalu lintas di Kawasan Pasar Rakyat Talang Banjar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja ruas dan simpang, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, dan sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di lokasi studi. Untuk analisis kinerja jaringan menggunakan skenario-skenario dengan bantuan aplikasi transportasi Vissim. Hasil kinerja jaringan tiap skenario tersebut kemudian akan dibandingkan untuk memperoleh skenario terbaik. Dalam penelitian ini parameter kinerja jaringan yang digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan. Dari hasil analisis dengan melakukan permodelan pada aplikasi PTV Vissim diperoleh skenario terbaik adalah skenario 2. Skenario ini dilakukan dengan berupa penataan parkir on street menjadi parkir off street untuk meningkatkan kapasitas ruas jalan dan mengambalikan fungsi bahu jalan sebagaimana mestinya. Dengan penerapan skenario 2 seperti yang dikaji dalam penelitian ini, kinerja jaringan jalan Pasar Rakyat Talang Banjar semakin meningkat. Kinerja jaringan jalan yang dihasilkan tersebut memiliki tundaan rata-rata 62,08 detik dan kecepatan perjalanan 24,73 km/jam. Total jarak yang ditempuh 9,377 km dan total waktu perjalanan 349,707 jam. Kata Kunci : Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Transdar TD 1.6 |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 04:15 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 04:15 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |