PHILOTHRA, LINGGA (2022) PERENCANAAN TERMINAL ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN KOTABARU. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
SKRIPSI PERENCANAAN TERMINAL ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN KOTABARU.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kabupaten Kotabaru memiliki perlintasan angkutan barang yang menghubungkan Provinsi Kalimantan Timur dengan Provinsi Kalimantan Selatan yang berada pada jalur strategis lintasan angkutan barang. Tingginya volume pergerakan barang di Kabupaten Kotabaru yang belum diimbangi dengan adanya terminal barang dapat dilihat dari pergerakan angkutan barang masuk ke Kabupaten Kotabaru di titik perbatasan wilayah sebesar 3417 kendaraan/hari sedangkan untuk kendaraan keluar Kabupaten Kotabaru sebesar 3270 kendaraan/hari. Analisis awal dilakukan dengan analisa potensi pergerakan angkutan barang menggunakan aplikasi visum, analisa pemilihan beberapa lokasi alternatif untuk pembangunan terminal angkutan barang kemudian menggunakan metode pengambilan keputusan berbasis indeks kinerja Composite Performance Index (CPI) dengan kriteria kinerja ruas jalan (kapasitas, V/C ratio, dan kecepatan), aksesibilitas (Jarak dari terminal ke pusat kota, perdagangan, pelabuhan dan pintu keluar masuk Kabupaten Kotabaru), kelestarian lingkungan dan investasi biaya awal (harga tanah/m²). Berdasarkan analisa yang dilakukan maka terpilihlah lokasi alternatif 2 yang berada di Jalan Raya Stagen 1, Desa Stagen pada Link 702-704 dengan total nilai keseluruhan sebesar 371 serta memiliki volume angkutan barang sebesar 378 smp/jam. Dengan adanya proses kegiatan di dalam terminal angkutan barang, maka dapat diketahui kebutuhan fasilitas di dalamnya serta usulan desain layout terminal barang disesuaikan dengan kebutuhan fasilitas utama dan fasilitas penunjang terminal. Selain itu akibat adanya sirkulasi di terminal barang menyebabkan terjadi perubahan volume kendaraan total dari 805,48 smp/jam menjadi 983,91 smp/jam, kepadatan eksisting sebesar 997,89 smp/km menjadi 1221,89 smp/km, kecepatan eksisting sebesar 48,31 km/jam menjadi 48,17 km/jam, dan V/C Ratio eksisting 0,34 dengan nilai LOS B menjadi 0,41 dengan nilai LOS B. Kata kunci: Angkutan Barang, terminal angkutan barang, fasilitas terminal, kriteria, composite performance index.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan Barang, terminal angkutan barang, fasilitas terminal, kriteria, composite performance index. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Mrs Lingga Philothra |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 03:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 03:37 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/1349 |
Available Versions of this Item
-
PERENCANAAN TERMINAL ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN KOTABARU. (deposited 19 Aug 2022 02:55)
- PERENCANAAN TERMINAL ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN KOTABARU. (deposited 19 Aug 2022 03:37) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |