FUAD HAIDAR NATSIR, FUAD (2022) UPAYA PENINGKATAN KINERJA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR KALIERANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA_STTD.
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI-4.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pasar Kalierang terletak di pusat perdagangan di wilayah selatan Kabupaten Brebes serta dilewat oleh jalan nasional dan jalan provinsi sehingga mengakibatkan tinggnya pergerakan di kawasan tersebut. Pesatnya perkembangan dikawasan berdampak pada tingginya volume kendaraan di beberapa ruas kawasan tersebut. Selain itu terdapat parkir di badan jalan dan kurangnya fasilitas pejalan kaki yang mengakibatkan kemacetan di beberapa ruas Kawasan Pasar Kalierang. Pada kajian ini bertujuan untuk menganilisis kinerja jaringan jalan di Kawasan Pasar Kalierang saat ini, kemudian menganalisis strategi dan teknik rekayasa lalu lintas di Kawasan tersebut, dan mengevaluasi strategi dan teknik rekayasa lalu lintas tersebut. Kajian yang dilakukan berupa analisis kinerja ruas dan simpang serta permodelan dengan aplikasi vissim dalam menentukan manajemen rekayasa lalu lintas. Metode pengambilan data yang digunakan adalah survei pencacahan lalu lintas terklasifikasi, survei gerakan membelok kendaraan terklasifikasi, survei kecepatan, serta peninjauan geometrik jalan dan simpang kondisi saat ini. Analisis kinerja ruas jalan dan simpang mengacu pada referensi MKJI 1997 serta PM 96 Tahun 2015. Parameter yang digunakan dalam mengevaluasi kineja jaringan jalan adalah total jarak perjalanan, tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, dan total waktu perjalanan. Angka inilah yang digunakan sebagai acuan dalam memilih skenario manajemen rekayasa lalu lintas terbaik di Kawasan Pasar Kalierang Kabupaten Brebes. Hasil dari kajian ini dapat ditarik kesimpulan (1) kinerja jaringan jalan di Kawasan Pasar Kalierang memiliki nilai tundaan rata rata 99,37 kend-detik, kecepatan jaringan jalan 26,43 km/jam, total jarak yang ditempuh 12,24 kend-km, total waktu perjalanan 463,4 kend-jam. (2) akan diterapkan 2 skenario. (3) diperoleh skenario terbaik yaitu skenario 2 dengan nilai tundaan rata rata 55,44 kend-jam, kecepatan jaringan 47,45 km/jam, total jarak tempuh 10,2 kend-km, dan total waktu perjalanan 362,34 kend-jam Kata kunci: rekayasa lalu lintas, kinerja jaringan jalan, kinerja ruas dan simpang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rekayasa lalu lintas, kinerja jaringan jalan, kinerja ruas dan simpang |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.12 |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 02:53 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 02:53 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |