REKAYASA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (CBD) KABUPATEN TANA TIDUNG

NURUSHOFIAH SAFARINA, SHOFIAH and EVI FADHILAH, EVI FADHILAH and TERTIB SINULINGGA, TERTIB SINULINGGA (2022) REKAYASA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (CBD) KABUPATEN TANA TIDUNG. REKAYASA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (CBD) KABUPATEN TANA TIDUNG, 1 (1). pp. 1-23.

[img] Text
BISMILLAH JURNAL_NURUSHOFIAH SAFARINA_1902278_MTJ 3.6 TURNITIN 1.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Kawasan Central Business District (CBD) Kabupaten Tana Tidung berada pada zona 1 dengan luas wilayah sebesar 31,2 Ha dengan karakteristik tata guna lahan berupa kawasan perdagangan yang terletak di Desa Tideng Pale dengan dikelilingi akses masuk berupa ruas Jalan Jenderal Sudirman 1, Jalan Perintis, Jalan Tanah Abang, Jalan Ahmad Yani, Jalan Amantawa, dan Jalan TMD yang sebagian besar menerapkan sistem satu arah (SSA). Didukung pula dengan adanya Pelabuhan Speedboat Tideng Pale sehingga terjadi bangkitan dan tarikan perjalanan pada kawasan CBD Kabupaten Tana Tidung sebesar 13.336 perjalanan orang/hari. Tingginya bangkitan dan tarikan pada kawasan CBD Kabupaten Tana Tidung menimbulkan beberapa permasalahan transportasi, antara lain terdapat parkir on street pada ruas Jalan Jenderal Sudirman 1, Jalan Perintis, dan Jalan Tanah Abang karena belum tersedianya SRP yang memadai, fasilitas pejalan kaki yang tersedia belum sesuai dengan standar dan hanya terdapat pada ruas Jalan Jenderal Sudirman 1 dan Jalan Perintis serta terdapat pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar sehingga fasilitas pejalan kaki belum optimal. Hal tersebut berdampak pada indikator kinerja ruas jalan di sekitar kawasan CBD Kabupaten Tana Tidung terendah berada pada ruas Jalan Perintis dengan nilai V/C ratio sebesar 0,54, kecepatan perjalanan sebesar 27,12 km/jam, dan kepadatan lalu lintas sebesar 34,40 smp/km. Dari kondisi tersebut, perlu dilakukan studi tentang penataan lalu lintas dengan pendekatan manajemen kapasitas, manajemen prioritas, dan manajemen demand guna meningkatkan efisiensi dari pergerakan lalu lintas orang maupun kendaraan dengan tingkat aksesibilitas tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rekayasa Lalu Lintas, Parkir On Street, Fasilitas Pejalan Kaki, Pedagang Kaki Lima, V/C Ratio, Kecepatan, Kepadatan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.6
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:53
Last Modified: 28 Sep 2022 02:53
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item