FELLYCHA NUR HIDAYATUL FITRI, FELLYCHA and RACHMAT SADILI, RACHMAT SADILI and YUNANDA RAHARDJANTO, YUNANDA RAHARDJANTO (2022) PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN PENUMPANG DI KAWASAN STASIUN WONOKROMO. PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN PENUMPANG DI KAWASAN STASIUN WONOKROMO, 1 (1). pp. 1-11.
![]() |
Text
JURNAL FELLYCHA NUR H. FITRI.pdf Download (487kB) |
Abstract
Stasiun Wonokromo merupakan salah satu dari lima stasiun yang berada di Kota Surabaya selain Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng, Stasiun Surabaya Kota, dan Stasiun Kalimas. Stasiun Wonokromo merupakan stasiun kelas besar yang berada dibawah naungan Daerah Operasi VIII Surabaya. Pada tahun 2015 hingga tahun 2020 tercatat bahwa jumlah penumpang di stasiun ini mengalami peningkatan sebesar 23% dan berkemungkinan terdapat lonjakan penumpang lagi ditahun yang akan datang. Selain itu, pada kondisi eksisting fasilitas pelayanan penumpang yang ada di Stasiun Wonokromo masih terdapat beberapa fasilitas yang belum sesuai dengan standar pelayanan minimum stasiun dan tidak ada pengaturan yang baik, sehingga dimungkinkan akan berpengaruh terhadap kepuasan penumpang yang menggunakan fasilitas tersebut, padahal kepuasan dan penilaian penumpang sangat penting mengingat fasilitas-fasilitas tersebut disediakan untuk digunakan oleh penumpang itu sendiri, serta adanya peraturan bahwa memberikan pelayanan yang baik bagi publik adalah suatu keharusan bagi suatu operator ataupun lembaga. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kondisi eksisting fasilitas pelayanan penumpang berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No 63 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum, Analisis kepentingan penumpang, Analisis fasilitas halte, dan Analisis pejalan kaki. Analisis ini dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder sebagai sumber dalam melakukan penanganan maupun pemecahan masalah. Dalam melakukan analisis dilakukan perhitungan menggunakan bantuan software Microsoft Excel, (SPSS). Kemudian dari hasil Analisis yang sudah dilakukan dihasilkan apakah fasilitas di Stasiun Wonokromo perlu untuk dilakukan peningkatan serta menghasilkan usulan fasilitas apa saja yang harus ditingkatkan. Hasil yang didapatkan dari dilakukannya analisis di atas yaitu terdapat beberapa fasilitas di Stasiun Wonokromo yang belum memenuhi standar pelayanan minimum yaitu: Marka/guiding, kemiringan ramp maksimal 10 derajat, penambahan unit alat pemadam kebakaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas, Transit Oriented Development, Standar Pelayanan Minimum |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.13 |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 02:54 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 02:54 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |