POLA PERGERAKAN TERHADAP PEMINDAHAN KAWASAN PERKANTORAN DI KABUPATEN KOTABARU

MUHAMMAD MAHDI, MAHDI and BUDIHARSO HIDAYAT, BUDIHARSO HIDAYAT and ARI ANANDA PUTRI, ARI ANANDA PUTRI (2022) POLA PERGERAKAN TERHADAP PEMINDAHAN KAWASAN PERKANTORAN DI KABUPATEN KOTABARU. POLA PERGERAKAN TERHADAP PEMINDAHAN KAWASAN PERKANTORAN DI KABUPATEN KOTABARU, 1 (1). pp. 1-12.

[img] Text
Jurnal Skripsi Muhammad Mahdi 1801201.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Pemerintah Kabupaten Kotabaru berencana memindahkan perkantoran SKPD dan memusatkannya di lokasi yang baru menjadi kawasan perkantoran terpadu dan beroperasi tahun 2026. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pergerakan sebelum dan sesudah pemindahan kawasan perkantoran serta mengusulkan simulasi penanganan kinerja lalu lintas dengan adanya pemindahan kawasan perkantoran di Kabupaten Kotabaru. Metode untuk menganalisis pola pergerakan adalah four step model. Bangkitan perjalanan didasarkan pada home-based trip. Distribusi perjalanan menggunakan metode Furness melalui matriks asal-tujuan dan peta desire line. Pemilihan moda disajikan dalam persentase sederhana. Pembebanan perjalanan menggunakan perangkat lunak Vissum 21 (SP 1-13) metode equilibrium assignment. Indikator kinerja lalu lintas yang digunakan adalah tingkat pelayanan ruas, total jarak tempuh, dan total waktu perjalanan. Adapun simulasi penanganan lalu lintas menggunakan pendekatan Traffic Demand Management. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pola pergerakan pegawai dan tamu di lingkungan SKPD Kabupaten Kotabaru sebesar 1225 perjalanan orang/hari yang sebelumnya menuju zona 1, 2, 3, 5, dan 6 menjadi ke zona 7. Adanya perubahan volume lalu lintas pada 12 segmen ruas jalan dengan peningkatan terbesar mencapai 47 smp/jam sedangkan penurunan terbesar mencapai 17 smp/jam. Total jarak tempuh dan waktu perjalanan meningkat sebesar 27,50 smp-km dan 2,03 smp-jam. Simulasi penanganan yang direkomendasikan adalah angkutan pegawai yang dapat mengurangi 3659 smp/jam serta total jarak dan waktu sebesar 19616,50 smp-km dan 354,94 smp-jam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Pergerakan, Kinerja Lalu Lintas, Simulasi Penanganan Lalu Lintas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.11
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:10
Last Modified: 28 Sep 2022 04:10
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item View Item