Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang KRL Terhadap Fasilitas Pelayanan Di Stasiun Jatinegara Dengan Metode Service Quality

Aqilah Zahra Khairun Nisa, Aqilah and Marsono Yugihartiman, Marsono Yugihartiman and Khusnul Khotimah, Khusnul Khotimah (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang KRL Terhadap Fasilitas Pelayanan Di Stasiun Jatinegara Dengan Metode Service Quality. Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang KRL Terhadap Fasilitas Pelayanan Di Stasiun Jatinegara Dengan Metode Service Quality, 1 (1). pp. 1-13.

[img] Text
AQILAH ZAHRA_MTP 3.3_1903010_JURNAL.pdf

Download (586kB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Seiring berjalannya waktu, jumlah penumpang di Stasiun Jatinegara akan terus meningkat ditambah dengan pembangunan proyek Double-Double Track (DDT) yang melibatkan Stasiun Jatinegara. Bersamaan dengan perkembangan tersebut, perlu dilakukan analisis tingkat kepuasan penumpang terhadap fasilitas pelayanan di Stasiun Jatinegara. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelayanan penumpang KRL di Stasiun Jatinegara adalah menggunakan metode Service Quality yaitu metode yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelayanan sehingga akan diperoleh nilai gap yang merupakan selisih antara persepsi pengguna jasa terhadap layanan yang diberikan oleh penyedia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa secara analisis kondisi, fasilitas-fasilitas seperti keselamatan (sprinkler), lahan parkir, kesehatan (tabung oksigen), kesetaraan (eskalator), dan kondisi lantai pada peron Stasiun Jatinegara masih belum sesuai dengan SPM yang tertuang pada PM Nomor 63 Tahun 2019. Didapatkan perhitungan 0,71 yang berada pada interval 0,66 – 0,80 yang menyatakan bahwa penumpang di Stasiun Jatinegara merasa “PUAS” terhadap fasilitas pelayanan yang tersedia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stasiun, Kepuasan, Selisih, Fasilitas Pelayanan Penumpang, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Keretaapi KA 1.3
Date Deposited: 02 Jan 2023 08:55
Last Modified: 02 Jan 2023 08:55
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item