TITIN SUPRIYONO, TITIN (2022) PENETAPAN RUTE AMAN SELAMAT SEKOLAH DI RUAS JALAN PERSATUAN RAYA DI KABUPATEN SINJAI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
DRAFT FIXX.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kabupaten Sinjai memiliki sebagian besar lokasi sekolah tidak ramah atau tidak berkeselamatan karena berhadapan langsung dengan jalan Nasional atau jalan kolektor dengan ciri-ciri berkecepatan tinggi. Kondisi ini mengkhawatirkan orang tua untuk mengizinkan anak-anaknya berjalan kaki, bersepeda, atau naik angkutan umum ke sekolah. Saat ini para pelajar tidak memiliki pilihan untuk berjalan kaki, bersepeda, atau naik angkutan umum menuju sekolah. Di Kabupaten Sinjai angkutan umum kurang diminati. Mereka cenderung mengunakan kendaraan pribadi ketika melakukan perjalanan ke/dari sekolah. Ada suatu kawasan di Kabupaten Sinjai yang sebagian tata guna lahannya sekolah, Kawasan ini merupakan kawasan (Central Education District) di Kabupaten Sinjai. Kawasan ini letaknya berdekatan dengan pusat kota (Central Business District) yang mana menjadi pusat tarikan sehingga banyak orang-orang menuju kawasan ini. Berkaitan dengan lahirnya Peraturan Menteri yang baru yaitu Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2016 tentang Rute Aman Selamat Sekolah (RASS), maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan konsep RASS di kawasan ini. Di kawasan ini terdapat empat sekolah yang menjadi objek penelitian SDN 3 Sinjai, SMPN 1 Sinjai, dan SMAN 1 Sinjai. Pengumpulan data meliputi pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari survei-survei yang dilakukan, salah satunya survei wawancara, sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari hasil praktek kerja lapangan (PKL) dan instansi terkait. Untuk teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan rumus Slovin. Data yang telah terkumpul lalu dilakukan analisis-analisis meliputi penentuan rute sepeda dan rute pejalan kaki, hingga usulan-usulan di sekitar sekolah. Untuk penentuan rute sepeda berdasarkan kondisi eksisiting, karena sekolah tersebut berdekatan dan letaknya berada di sisi jalan Kolektor yaitu jalan Siswa, Hasil penelitian menghasilkan satu rute jalur sepeda dan rute sepeda pelayanannya maksimal 5 km dan untuk rute pejalan kaki pelayanannya maksimal 1 km diukur dari lokasi sekolah. Usulan-ususlan yang dilakukan di sekitar sekolah untuk meningkatkan keselamatan diantaranya pemasangan rambu dan marka, hingga desain RASS. Kata Kunci : RASS, rute sepeda, rute pejalan kaki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RASS, RUTE PEJALAN KAKI, RUTE SEPEDA. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.13 |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 13:01 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 13:01 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |