OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG BANDAR NGALIM DI KOTA KEDIRI

NIDYA INGGIS ANJANI, INGGIS (2022) OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG BANDAR NGALIM DI KOTA KEDIRI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG BANDAR NGALIM DI KOTA KEDIRI.(NIDYA INGGIS ANJANI) (2).pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Kota Kediri adalah salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota Kediri memiliki beberapa persimpangan tempat bertemunya arus lalu lintas dari beberapa arah. Pertemuan arus yang beraneka ragam jenisnya ini akan dapat menyebabkan kemacetan dan tidak jarang pula menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian material dan bahkan juga korban jiwa seperti pada Simpang Bandar Ngalim yang mana simpang tersebut merupakan simpang empat berapill namun belum berfungsi secara optimal sehingga diperlukan pengoptimalkan kinerja pada persimpangan. Dalam penelitian ini untuk mengukur kinerja dan tipe pengendalian simpang menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI-1997) dimana batasan analisisnya yaitu derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan. Berdasarkan hasil analisis kinerja saat ini, Simpang Bandar Ngalim merupakan simpang dengan tipe pengendalian Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dengan tipe simpang 411 terdiri dari dua lajur pada pendekat minor dan dua lajur pada pendekat mayor. Tingkat Derajat Kejenuhan 0,79; panjang antrian rata-rata 67,88 m dan memiliki tundaan simpang rata- rata 58,15 detik/ smp (LOS “E”) penilaian Level of Service ini berdasar pada PM 96 Tahun 2015.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi Simpang, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian, Tundaan dan Pengendalian Simpang
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: LLAJ MTJ 1.12
Date Deposited: 02 Jan 2023 13:17
Last Modified: 02 Jan 2023 13:17
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2985

Actions (login required)

View Item View Item