NIDYA INGGIS ANJANI, INGGIS and RIANTO RILI PRIHATMANTYO, ST, M.Sc, RILI and ARI ANANDA PUTRI, MT, ARI (2022) OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG BANDAR NGALIM DI KOTA KEDIRI. OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG BANDAR NGALIM DI KOTA KEDIRI, 1 (1). pp. 1-21.
![]() |
Text
JURNAL NIDYA INGGIS ANJANI 1902267.pdf Download (779kB) |
Abstract
Kota Kediri adalah salah satu Kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota Kediri memiliki beberapa persimpangan tempat bertemunya arus lalu lintas dari beberapa arah. Pertemuan arus yang beraneka ragam jenisnya ini akan dapat menyebabkan kemacetan dan tidak jarang pula menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kerugian material dan bahkan juga korban jiwa seperti pada Simpang Bandar Ngalim yang mana simpang tersebut merupakan simpang empat berapill namun belum berfungsi secara optimal sehingga diperlukan pengoptimalkan kinerja pada persimpangan. Dalam penelitian ini untuk mengukur kinerja dan tipe pengendalian simpang menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI-1997) dimana batasan analisisnya yaitu derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan. Berdasarkan hasil analisis kinerja saat ini, Simpang Bandar Ngalim merupakan simpang dengan tipe pengendalian Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dengan tipe simpang 411 terdiri dari dua lajur pada pendekat minor dan dua lajur pada pendekat mayor. Tingkat Derajat Kejenuhan 0,79; panjang antrian rata-rata 67,88 m dan memiliki tundaan simpang rata- rata 58,15 detik/ smp (LOS “E”) penilaian Level of Service ini berdasar pada PM 96 Tahun 2015.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi Simpang, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian, Tundaan dan Pengendalian Simpang |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.12 |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 13:18 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 13:18 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |