PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI OJEK ONLINE TERHADAP POTENSI KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH BEKASI

Ika Setyorini, MM, M.Psi, Ika Setyorini and Dra. Siti Umiyati, MM, Siti Umiyati and Dr. Ir. Nico Djajasinga, M.Sc, Nico Djajasinga and Khusnul Khotimah, MT, Khusnul Khotimah and Ir. Mohd. Thamzil, MT, Mohd. Thamzil (2019) PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI OJEK ONLINE TERHADAP POTENSI KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH BEKASI. PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI OJEK ONLINE TERHADAP POTENSI KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH BEKASI, 24. pp. 94-117. (In Press)

[img] Text (PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI OJEK ONLINE TERHADAP POTENSI KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH BEKASI)
PENGARUH PERILAKU PENGEMUDI OJEK ONLINE TERHADAP.pdf
Restricted to Registered users only until 2019.

Download (668kB)

Abstract

Kehadiran moda transportasi berbasis aplikasi (ojek online), harus diakui mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Namun, kondisi ini juga dinilai merugikan, lantaran sebagian besar driver ojol kerap mangkal di sembarang tempat hingga menimbulkan kemacetan. Tidak sedikit pula para pengguna yang kecewa karena perilaku ojek online yang tidak aman, sulit dihubungi, serta beresiko menyebabkan kecelakaan di jalan. Sebagian Ojek Online di Bekasi adalah yang berada di kelompok usia 21-30 tahun, pendidikan terakhir adalah lulusan SMA, dengan sebagian besar pengeluaran yaitu >Rp1.000.000,00–Rp2.500.000,00 dan sudah bekerja sebagai ojek online selama 1-6 bulan. Dari hasil analisa safety riding, didapatkan pelanggaran lalu lintas berupa pelanggaran rambu 60%, terlalu cepat/ terburu-buru /ngebut 90%, pelanggaran garis berhenti 80%, dan menggunakan GPS saat berkendara 90% dan pelanggaran mengemudi diantaranya mengerem mendadak 90%. Hal ini berpotensi kecelakaan seperti jarak pengereman yang terlalu pendek 90% dan kerap kali bersinggungan bahkan tabrakan dengan pengemudi lain 60%. Dari segi perlengkapan keselamatan kendaraan bermotor (safety gear) rata-rata 86% masih memenuhi standar atau aturan yang ditetapkan. Nilai signifikan <0,05 maka Kecepatan Tinggi, Rem Mendadak, Kelelahan mempengaruhi kinerja potensi terjadinya kecelakaan. Usulan penambahan point regulasi untuk kselematan berkendara sepeda motor adalah pelatihan safety riding (pelatihan regular, sertifikasi), batas kecepatan berkendara, pengawasan pelanggaran penggunaan gps saat berkendara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ojek, Kecelakaan, Pelanggaran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan PTDI-STTD
Date Deposited: 25 Feb 2021 15:48
Last Modified: 09 Mar 2021 03:54
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item View Item