INDEKS KEPUASAAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA UPT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KOTA TANGERANG

MUHAMMAD IQBAL ARFANI (2020) INDEKS KEPUASAAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA UPT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KOTA TANGERANG. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
Laporan tugas akhir - M Iqbal Arfani (1805096).pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (6MB)

Abstract

Salah satu pelaksana Pelayanan Publik yang ada di Kota Tangerang adalah Unit Pengujian Kendaraan Bermotor. Pada Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Tangerang masih banyak koreksi untuk pemecahan masalah yang sekarang menjadi tugas penguji kendaraan bermotor di Kota Tangerang. Pelayanan yang sudah diberikan kepada masyarakat dirasakan masih banyak kekurangan dapat dilihat dari masih Waktu pelaksanaan pengujian yang lama, belum optimalnya penerapan Standar Pelayanan Minimum yang jelas, Kurangnya jumlah tenaga penguji yang hanya 14 di teknis dan 7 di administrasi dengan jumlah kendaraan yang ditangani mencapai ±250 tiap harinya. Data Primer meliputi : 1. Observasi, 2. Kuisioner. Data Sekunder meliputi : 1. Dokumentasi 2. Studi Literatur. Ada tiga metode yang dilakukan dalam proses pembuatan Tugas Akhir yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode bimbingan, adapun metode yang dimaksud seperti dibawah ini : 1. Metode observasi, 2. Metode wawancara atau interview, 3. Metode bimbingan. 1. Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat dari 14 indikator terdapat 10 unsur yang mendapat penilaian sangat baik, 2 unsur yang mendapat penilaian baik dan 2 unsur mendapat kurang baik; 2. Dari 14 Unsur hasil kuisioner terdapat 10 unsur yang mendapatkan nilai sangat baik adalah Persyaratan Pelayanan, Kejelasan Petugas Pelayanan, Kedisiplinan Petugas Pelayanan, Tanggung Jawab Petugas Pelayanan, Keadilan Mendapat Pelayanan, Kesopanan dan Keramahan Petugas, Kewajaran Biaya Pelayanan, Kepastian Biaya Pelayanan, Kepastian Jadwal Pelayanan, Keamanan Pelayanan. 3. Kemudian Unsur prosedur pelayanan dan kemampuan petugas pelayanan mendapatkan nilai baik. 4. Akan tetapi terdapt 2 Unsur mendapat nilai kurang baik yaitu kecepatan pelayanan dan kenyamanan lingkungan. 5. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Pada Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Tangerang menyimpulkan bahwa pelayanan publik yang telah diberikan berjalan dengan baik dengan mendapat penilaian mutu B dan nilai setelah dikonvenrsikan 79,792 serta nilai interval 3,191, Oleh karena itu kinerja unit pelayanan dapat dikatakan Baik;

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: INDEKS KEPUASAAN MASYARAKAT, PELAYANAN PUBLIK, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: PRODI PKB DII
Date Deposited: 22 Mar 2021 08:52
Last Modified: 22 Mar 2021 08:52
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item