PERENCANAAN KOORDINASI SIMPANG PADA SIMPANG WAHYU DAN SIMPANG TERMINAL SUKOHARJO

GALIH SARWONO PUTRA, SARWONO and SABRINA HANDAYANI, SABRINA HANDAYANI and Aji Ronaldo, Aji Ronaldo (2022) PERENCANAAN KOORDINASI SIMPANG PADA SIMPANG WAHYU DAN SIMPANG TERMINAL SUKOHARJO. PERENCANAAN KOORDINASI SIMPANG PADA SIMPANG WAHYU DAN SIMPANG TERMINAL SUKOHARJO, 1 (1). pp. 1-19.

[img] Text
JURNAL KKW fix.pdf

Download (720kB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Kondisi Geografis Kabupaten Sukoharjo yang terletak diantara dua kota besar yang memiliki daya Tarik tinggi yaitu kota Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta tentu menjadi pengaruh besar terhadap pola pergerakan di Kabupaten Sukoharjo. Kabupaten Sukoharjo memiliki penduduk dengan jumlah 898.634 jiawa, hal tersebut turut memberikan beban lalu lintas di Kabupaten Sukoharjo Banyak masyarakat kabupaten Sukoharjo dan dari luar Kabupaten Sukoharjo yang melakukan perjalan baik itu perjalanan internal-internal, internal -eksternal, eksternal-internal, maupun eksternal-eksternal yang hanya melintas Kabupaten Sukoharjo, Dari kondisi tersebut, maka muncul Berbagai masalah yang berkain dengan transportasi. Permasalahan tersebut dapat muncul dan terjadi pada ruas maupun persimpangan Persimpangan merupakan titik yang menjadi pertemuan antara tiga atau lebih ruas jalan, titik tersebut menyebabkan terjadinya konflik pada arus lalu lintas yang bertem. Konflik yang terjadi sangat berpotensi menimbulkan kemacetan yang bahkan terjadi kecelakaan lalu lintas. Kondisi tersebut terjadi pada persimpangan yang berada pada ruas jalan Selamet Riyadi Kabupaten Sukoharjo Terlebih Ketika jam sibuk. Pada ruas jalan Selamet Riyadi terdapat dua simpang yaitu simpang wahyu dan simpang Terminal Sukoharjo, simpang wahyu sendiri masih dalam proses pemasangan yang dimana simpang wahyu sering terjadi tudaan dan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas, jarak antara dua simpang berdekatan jarak kurang lebih 508 meter pada kedua simpang tersebut terjadi antrian Panjang, pada kedua simpang tersebut sering terjadi antrian yang Panjang terutama pada jam sibuk pagi Panjang antrian bisa mencapai 35 meter dan lamanya tundaan bisa mencapai 48 detik/smp pada salah satu kaki simpang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: simpang,ruas,trafic,koordinasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: Galih Sarwono Putra
Date Deposited: 02 Jan 2023 13:26
Last Modified: 02 Jan 2023 13:26
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item