PENERAPAN METODE FUZZY DAN SERVICE QUALITY DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TRANS PADANG KORIDOR 1

SEPTIANA, IRFANI PENERAPAN METODE FUZZY DAN SERVICE QUALITY DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TRANS PADANG KORIDOR 1. PENERAPAN METODE FUZZY DAN SERVICE QUALITY DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TRANS PADANG KORIDOR 1. (In Press)

[img] Text
JURNAL IRFANI SEPTIANA.pdf

Download (237kB)

Abstract

Pemerintah Kota Padang merencanakan Angkutan massal berbasis jalan yang disebut dengan Trans Padang. Namun pada kenyataannya setelah beberapa tahun beroperasi hanya 1 koridor yang beroperasi yaitu koridor 1 dikarenakan persentase masyarakat yang menggunakan Trans Padang koridor 1 sangat kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan Trans Padang Koridor 1 sesuai dengan hasil analisis Fuzzy, Service Quality dan Importance Performance Analysis yang menghasilkan kriteria kualitas pelayanan yang dijadikan prioritas utama untuk ditingkatkan dari survei di lapangan kepada penumpang Trans Padang Koridor 1 agar menarik minat masyarakat di Kota Padang untuk menggunakan angkutan umum khususnya Trans Padang. Berdasarkan pengumpulan data dan hasil analisis diperoleh informasi bahwa kinerja pelayanan eksisting Trans Padang koridor 1 belum memenuhi standar pelayanan minimal dari segi headway, frekuensi, dan faktor muat namun dari segi waktu perjalanan dan kecepatan perjalanan sudah memenuhi. Terdapat sebanyak 10.080 penumpang per hari yang akan dilayani oleh Trans Padang Koridor 1 jika telah dilakukan peningkatan pelayanan. Perhitungan nilai gap tertinggi yaitu kriteria waktu menunggu angkutan dengan nilai gap -57,89 dan nilai gap terendah yaitu kriteria Keselamatan dan Keamanan Penumpang di dalam kendaraan dengan nilai gap -20,43. Usulan Peningkatan kualitas pelayanan Trans Padang Koridor 1 mencakup analisis usulan kinerja operasional rencana dan penjadwalan. Kata Kunci : Angkutan Massal Berbasis Jalan, Trans Padang, Fuzzy, Service Quality, Importance Performance Analysis, Permintaan, Peningkatan, Pelayanan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: PRODI TRANSDAR DIV
Date Deposited: 25 Feb 2021 15:49
Last Modified: 25 Feb 2021 15:49
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item