PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR BLIGO

AURELLIA MARTHA THASYA KANIA, THASYA (2022) PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR BLIGO. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD.

[img] Text
Draft KKW_AURELLIA MARTHA THASYA KANIA (1).pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Kabupaten Pekalongan adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga dan Laut Jawa, Kabupaten Pekalongan menjadi akses penghubung utama antara beberapa kabupaten tersebut. Wilayah Kabupaten Pekalongan memiliki perpaduan antara wilayah dataran tinggi di bagian selatan dan dataran rendah di bagian utara, dan memiliki pola jaringan jalan linear menyebabkan penyebaran lalu lintas tidak merata pada seluruh kawasan menjadikan Kabupaten Pekalongan memiliki 2 CBD (Central Business District) yaitu Kajen dan Kedungwuni. Kedua CBD ini memiliki karakteristik daerah dan perilaku lalu lintas yang berbeda. Akses utama menuju CBD 1 Kedungwuni dan CBD 2 kajen dari Jalur arteri adalah melewati Kecamatan Buaran yang berbatasan langsung dengan Kota Pekalongan, disana terdapat kawasan Pasar Bligo yang menjadi tarikan besar karena terdapat pasar dan kawasan perindustrian yang memiliki beberapa pabrik yang aktif beroperasi. Pasar Bligo terletak pada simpang 4 tidak bersinyal Simpang Pasar Bligo di ruas Jalan Bligo – Buaran, Jalan Abdul Halim – Jatilondo, Jalan Pekajangan – Buaran, dan Jalan Pakumbulan. Kawasan ini memiliki aktifitas yang tinggi dengan tarikan yang cukup besar. Sehingga terjadi penurunan kapasitas akibat banyaknya parkir di bahu jalan (On-Street Parking) yang memakai bahu jalan selebar 1 m, sehingga lebar efektif jalan yang semula 10 m menjadi 9 m, tingginya tarikan lalu lintas akibat adanya aktifitas pasar serta perusahaan textil dikawasan Pasar Bligo, dan tingginya hambatan samping karena tidak tersedianya fasilitas pejaan kaki yang memungkinkan sehingga pejalan kaki menggunakan badan jalan. Terlihat dari kinerja ruas Jalan Pekajangan – Bligo yang memiliki nilai V/C ratio 0,75, kecepatan 18,62 km/jam, dan kepadatan 179,18 smp/km. Jalan Bligo – Buaran dengan V/C ratio 0,80, kecepatan 18,31 km/jam, dengan kepadatan 179,96 smp/km. Jalan Abdul Halim – Jatilondo memiliki V/C ratio 0,59, kecepatan 19,47 km/jam, dan kepadatan 41 smp/km. Jalan Pakumbulan memiliki V/C ratio 0,57, kecepatan 20,05 km/jam, dan kepadatan 35,89 smp/km. perlu dilakukannya penanganan terhadap masalah lalu lintas yang ada di Kawasan Pasar Bligo Kabupaten Pekalongan untuk meningkatkan kinerja lalu lintas dan kenyamanan serta keamanan pengguna jalan di kawasan tersebut. Kata Kunci: Penataan Lalu Lintas, V/C Ratio, Kecepatan, Kepadatan, APILL, Parkir, Pejalan Kaki

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penataan Lalu Lintas, V/C Ratio, Kecepatan, Kepadatan, APILL, Parkir, Pejalan Kaki
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.6
Date Deposited: 02 Jan 2023 13:29
Last Modified: 02 Jan 2023 13:29
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item