DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR UTARA KOTA SAMARINDA TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN

WIBISANA, VILKA DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR UTARA KOTA SAMARINDA TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN. DAMPAK PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR UTARA KOTA SAMARINDA TERHADAP KINERJA JARINGAN JALAN. (In Press)

[img] Text
VILKA G. WIBIKSANA.pdf

Download (840kB)

Abstract

Ruas Jalan DI Panjaitan merupakan satu-satunya ruas jalan yang menguhubungkan menuju wilayah Utara Kota Samarinda dan Kota Bontang. Skripsi ini bertujuan untuk melakukan studi dampak pembangunan jalan lingkar utara di Kota Samarinda serta mengidentifikasi kinerja jaringan jalan sebelum dan sesudah pembangunan jalan lingkar tersebut. Pada skripsi ini analisis yang dilakukan meliputi analisis bangkitan perjalanan, distribusi perjalanan, pemilihan moda dan pembebanan lalu lintas. Pada tahapan pembebanan, aspek teknis yang dikaji adalah kinerja jaringan jalan Kota Samarinda yang meliputi : kecepatan rata-rata jaringan, waktu tempuh perjalanan, jarak perjalanan, konsumsi bahan bakar. Dari hasil analisis pembebanan, pada tahun rencana 2024 kinerja ruas jalan yang ada sudah mulai menurun, hal ini ditandai dengan adanya beberapa ruas jalan yang memiliki V/C ratio di atas 0,75 atau memiliki tingkat pelayanan D. Dapat dilihat kinerja sistem jaringan jalan pada tahun 2019, kecepatan meningkat dari 35,24 km/jam menjadi 38,67 km/jam; penggunaan bahan bakar menurun dari 3.272,36 liter/jam menjadi 2.931,99 liter/jam; jarak perjalanan menurun dari 56.365,03 kendaraan-km menjadi 54.451,85 kendaraan-km.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: PRODI TRANSDAR DIV
Date Deposited: 25 Feb 2021 15:49
Last Modified: 25 Feb 2021 15:49
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item