TAKBIRANI, FITRIA ANALISIS PENERAPAN KONSEP RUTE AMAN SELAMAT SEKOLAH DALAM RANGKA MENGURANGI KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MELIBATKAN PELAJAR DI KAWASAN PENDIDIKAN KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS: RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN, KECAMATAN ENGGAL). ANALISIS PENERAPAN KONSEP RUTE AMAN SELAMAT SEKOLAH DALAM RANGKA MENGURANGI KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MELIBATKAN PELAJAR DI KAWASAN PENDIDIKAN KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS: RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN, KECAMATAN ENGGAL). (In Press)
![]() |
Text
Jurnal Fitria Takbirani.pdf Download (227kB) |
Abstract
Kota Bandar Lampung memiliki Kawasan Pendidikan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Jalan Jenderal Sudirman merupakan salah satu akses jalan menuju pusat kota dan Kawasan perkantoran. Fasilitas penunjang perjalanan yang kurang memadai seperti trotoar, fasilitas penyebrangan, serta jalur sepeda dari zona asal menuju Kawasan Pendidikan dapat membahayakan siswa dikarenakan harus berhadapan langsung dengan kendaraan bermotor. Berkaitan dengan lahirnya Peraturan Menteri yang baru yaitu Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2016 tentang Rute Aman Selamat Sekolah (RASS), maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penerapan konsep RASS di Kawasan Pendidikan Kota Bandar Lampung. Analisis yang digunakan adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia, analisis untuk pejalan kaki, dan analisis deksriptif. Dari hasil analisis, akan ditentukan rute pejalan kaki, rute sepeda, usulan-usulan pemasangan rambu, marka, fasilitas penyeberangan, Zona Selamat Sekolah, jumlah kebutuhan halte, dan desain RASS di Kawasan Pendidikan Kota Bandar Lampung. Kata kunci: Kawasan Pendidikan Kota Bandar Lampung, RASS, rute pejalan kaki, rute sepeda, Zona Selamat Sekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | PRODI TRANSDAR DIV |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 15:51 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 15:51 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |