TINGKAH GINTING, GINTING and MOCHAMAD TRIJONO SATRIJO, MOCHAMAD TRIJONO SATRIJO and IKA SETYORINI PRADJOJOWATY, IKA SETYORINI PRADJOJOWATY (2022) OPTIMALISASI LAYOUT RUANG TUNGGU DAN PERON DI STASIUN SIDOARJO GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN JASA ANGKUTAN KERETA API. OPTIMALISASI LAYOUT RUANG TUNGGU DAN PERON DI STASIUN SIDOARJO GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN JASA ANGKUTAN KERETA API, 1 (1). pp. 1-14.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Jurnal Optimalisasi layout Ruang Tunggu dan Peron Di Stasiun Sidoarjo Guna Meningkatkan Pelayanan Jasa Angkutan Kereta Api_Tingkah Ginting_MTP 3.2.pdf Download (445kB) |
Abstract
Perkeretaapian adalah salah satu moda transportasi yang memiliki beberapa elemen yakni sarana, prasarana, sumber daya manusia (SDM) serta aturan mengenai penyelenggaraan angkutan kereta api guna mendukung operasi kereta api. Moda kereta api memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat dikembangkan agar meningkatkan mobilitas seiring dengan penambahan penduduk di wilayah tertentu. Stasiun juga harus memiliki fasilitas penunjang seperti keselamatan, keamanan, kenyamanan, naik turun penumpang, penyandang cacat dan kesehatan. Stasiun Sidoarjo masih memiliki kekurangan pada aspek tersebut. Oleh sebab itu, tugas akhir ini akan membahas standar pelayanan minimum (SPM) di Stasiun Sidoarjo guna mendukung aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan aspek lainnya yang berfungsi untuk memudahkan penumpang dalam penggunaan jasa transportasi kereta api di Stasiun Sidoarjo. Fasilitas yangpada di stasiunpSidoarjo belum memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) sesuai dengan PM 63 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api dan PM 29 tahun 2011 tentang Persyaratan Teknis Bangunan Stasiun Kereta api, salah satunya yaitu kurangnya pergerakan penumpang pada ruang tunggu dan peron. Kurangnya kapasitas pelayanan dan kebutuhan pergerakan penumpang di ruang tunggu serta peron di Stasiun Sidoarjo
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhitungan level of service (tingkat pelayanan), kebutuhan ruang tunggu, kebutuhan peron, fasilitas stasiun Sidoarjo dan jumlah penumpang di Stasiun Sidoarjo saat jam sibuk |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian |
Depositing User: | Perkeretaa MTP 1.2 |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 09:15 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 09:15 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3696 |
Available Versions of this Item
-
OPTIMALISASI LAYOUT RUANG TUNGGU DAN PERON DI STASIUN SIDOARJO GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN JASA ANGKUTAN KERETA API. (deposited 02 Jan 2023 09:03)
- OPTIMALISASI LAYOUT RUANG TUNGGU DAN PERON DI STASIUN SIDOARJO GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN JASA ANGKUTAN KERETA API. (deposited 02 Jan 2023 09:15) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |