PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN PEDAN-CAWAS KM 1,0-KM 3,0 DI KABUPATEN KLATEN

ANGGIA ALFIANA, ANGGIA ALFIANA and YANUAR DWI HERDIYATNO, YANUAR DWI HERDIYATNO and BAMBANG DRAJAT, BAMBANG DRAJAT (2021) PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN PEDAN-CAWAS KM 1,0-KM 3,0 DI KABUPATEN KLATEN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Jalan raya Pedan-Cawas merupakan jalan kolektor primer yang menghubungkan Kabupaten Klaten dengan Kabupaten Gunungkidul,Jalan yang membentang sejauh 4,1 km dengan permukaan perkerasan aspal dan memiliki tipe jala 2/2 UD.Berdasarkan data dari pihak Kepolisian Kabupaten Klaten ruas jalan Pedan-Cawas merupakan jalan yang rawan akan kecelakaan,teradi sebanyak 61 Kejadian Sepanjang 5 tahun terakhir yaitu dari tahun 2016 sampai tahun 2020. Tingginya kecepatan kendaraan yang melintas di ruas jalan Pedan-Cawas ni terbilang cukup tinggi,yaitu diatas 50 Km/jam dimana melebihi ketetuan batas kecepatan yang seharusnya pada ruas jalan kolektor primer.Selain itu banyaknya jalan minor pada Km 1,0 yang berupa akses keluar masuk warga dari pemukiman disekitar jalan menuju ruas jalan Pedan-Cawas banyak menyebabkan konflik lalu lintas yang banyak menjaadi penyebab kecelakaan tipe depan-samping.Kurangnya LPJU disepanjang jalan dapat mempengaruhi penglihatan dan jarak pandang pengendara pada malam hari serta banyaknya rambu dengan kondisi buruk serta tidak adanya marka tepi disepanjang jalan, pudar dan hilangnya garis marka. Selain itu rusaknya permukaan jalanpada Km 1,0- Km 3,0 serta banyak lubang pada permukaan jalan Pedan-Cawas menyebabkan tergenangnya jalan pada saat hujan turun.Beberapa hal tersebut merupakan banyaknya faktor penyebab terjadinya kecelakaan pada ruas jalan Pedan-Cawas. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi penanganan masalah yang bisa diterapkan untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas di titik lokasi rawan kecelakaan pada Ruas jalan Pedan-Cawas Km 1,0 - 3,0 Km. Dilakukan pengamatan terhadap kecepatan pengemudi berkendara dan pengamatan terhadap kondisi eksisting lokasi rawan kecelakaan. Metode yang digunakan yaitu perhitungan kecepatan persentil 85, analisa 4 aspek jalan berkeselamatan dan analisis kronologi kejadian kecelakaan pada titik lokasi rawan kecelakaan untuk mengetahui potensi-potensi yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Dari hasil pengamatan dan analisis yang telah dilakukan sehingga dapat direkomendasikan perbaikan serta penataan fasilitas perlengkapan jalan yang sudah ada yang diantaranya terhalang pepohonan ataupun dalam kodisi rusak, pemasangan rambu batas kecepatan, pemasangan pita penggaduh berupa rumble strip, pemasangan guadril, rambu daerah rawan kecelakaan,dan rambu dilarang menyiap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Lalu Lintas, Penyebab Kecelakaan, Kecelakaan Lalu Lintas
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: Admin Perpustakaan PTDI-STTD
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:51
Last Modified: 02 Feb 2023 04:51
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item