I MADE SAKA DWI CAHYADI (2020) KAJIAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KOMPONEN BAGIAN BAWAH KENDARAAN BERMOTOR (UNDER CARRIAGE) PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN JEMBER. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.
![]() |
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR I MADE SAKA DWI CAHYADI(PKB 2.3).(1805076).pdf Restricted to Registered users only until 2020. Download (3MB) |
Abstract
Salah satu bagian yang dilakukan pemeriksaan pengujian kendaraan bermotor adalah bagian bawah kendaraan bermotor. Pemeriksaan yang dilakukan pada bagian bawah kendaraan, yaitu penguji memeriksa keausan, kelonggaran, dan kebocoran. Beberapa aspek pemeriksaan yang dilakukan penguji pada pemeriksaan under carriage kendaraan bermotor antara lain meliputi: rangka landasan, sistem pemindah daya, kebocoran oli, sistem kemudi, sistem suspensi, sistem rem, sistem pembuangan, dan sistem bahan bakar. Guna menghasilkan hasil pengujian yang baik, selalu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang baik pula. Fasilitas dan peralatan pengujian harus dipelihara/dirawat secara periodik agar selalu dalam kondisi layak pakai untuk mendukung pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor dan memastikan kendaraan yang telah di uji memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Data primer meliputi : - Observasi dan wawancara dengan pegawai yang berkompeten; - Pengamatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor; - Pengamatan pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor; dan - Pengamatan kondisi gedung pengujian kendaraan bermotor. Data sekunder meliputi : - Layout gedung pengujian kendaraan bermotor; - Struktur organisasi dan personil unit pelaksana teknis pengujian kendaraan bermotor; - Luas lahan gedung pengujian kendaraan bermotor; dan - Data jumlah kendaraan wajib uji; Hasil-hasil yang didapat kemudian disimpulkan menjadi bagian yang singkat dan mudah dipahami dalam bagian Kesimpulan. Lalu diberi pula saran yang bersifat membangun agar sarana prasarana pada UPT Pengujian Kedaraan Bermotor Kabupaten Jember dapat bekerja dengan optimal sesuai dengan Prosedur Operasional Kerja (SOP) yang telah ditetapkan. Setelah melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari tanggal 2 Maret 2020 sampai dengan 20 Maret 2020 dengan melaksanakan pengamatan serta kegiatan pengujian secara langsung, maka dapat kami sampaikan beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Lajur kendaraan pada kolong uji pada pengujian yang berlokasi di Arjasa, tidak dapat difungsikan lagi sebagaimana mestinya. Hal ini dikarenakan kondisi kontruksi bagian dalam kolong uji tersebut sudah retak/rusak. 2. Perawatan berkala khususnya untuk kolong uji dan alat axle play detector tidak dilakukan secara rutin, sehingga kerusakan yang terjadi pada Kolong Uji dan axle play detector tidak terhindarkan. 3. Kerusakan pada kolong uji dan alat axle play detector jika tidak segera diperbaiki, akan berdampak pada hasil pengujian, sehingga hasil dari pengujian kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | UNDER CARRIAGE, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Depositing User: | PRODI PKB DII |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 04:41 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 04:41 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/378 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |