MANAJEMEN KECEPATAN DENGAN MENGGUNAKAN IDENTIFIKASI POTENSI HAZARD KAWASAN PTDI-STTD

Risky Setyaningsih, Risky Setyaningsih and Khusnul Khotimah, Khusnul Khotimah (2022) MANAJEMEN KECEPATAN DENGAN MENGGUNAKAN IDENTIFIKASI POTENSI HAZARD KAWASAN PTDI-STTD. MANAJEMEN KECEPATAN DENGAN MENGGUNAKAN IDENTIFIKASI POTENSI HAZARD KAWASAN PTDI-STTD, 1 (1). pp. 1-46. (Submitted)

[img] Text
MANAJEMEN KECEPATAN DENGAN MENGGUNAKAN IDENTIFIKASI POTENSI HAZARD KAWASAN PTDI-STTD.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.net/

Abstract

Menurut Undang-undang Lalu Lintas Angkutan Jalan No. 22 tahun 2009 , kecelakaan lalu lintas ialah suatu peristiwa di jalan raya yang tidak terduga dan tidak di sengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Kecelakaan lalu lintas umumnya terjadi karena beberapa faktor penyebab antara lain : pelanggaran bagi pengguna jalan, kondisi cuaca, kondisi prasarana, kondisi sarana, maupun pandangan yang terhalang. Kecelakaan lalu lintas berkaitan erat dengan keselamtan jalan, dimana keselamatan LLAJ adalah suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari resiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan, dan/atau lingkungan dan suatu upaya mengurangi kecelakaan jalan yang dapat disebabkan oleh prasarana, faktor sekeliling, sarana, manusia, rambu atau peraturan (UU LLAJ Nomer 22 Tahun 2009). Salah satu penyebab kecelakaan di suatu segmen ruas adalah tingginya kecepatan para pengguna jalan kendaraan bermotor pada khususnya. Semakin tinggi kecepatan, semakin jauh jarak yang dibutuhkan untuk berhenti, yang berakibat pada semakin tingginya risiko kecelakaan. Karena energi kinetik yang lebih besar harus diserap pada saat tabrakan dalam kecepatan tinggi, risiko cedera akibat kecelakaan menjadi semakin tinggi. Kecepatan yang berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan batas kecepatan bisa menjadi faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas jalan. Seperti yang terjadi di Ruas Jalan Raya Setu Km 3,5 sekitar Kawasan PTDI-STTD. Manajemen kecepatan merupakan suatu perangkat penting untuk bisa diimplementasikan di segmen ruas Jalan Raya Setu Kawasan PTDI-STTD untuk meningkatkan keselamatan jalan. Meskipun demikian, meningkatkan kepatuhan terhadap batas kecepatan dan mengurangi kecepatan mengemudi yang tidak aman bukan perkara mudah. Banyak pengemudi tidak memahami risiko yang mungkin terjadi dan sering kali menganggap bahwa manfaat ngebut lebih besar daripada masalah yang mungkin ditimbulkan akibat ngebut

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan PTDI-STTD
Date Deposited: 12 Jun 2023 14:05
Last Modified: 12 Jun 2023 14:05
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3791

Actions (login required)

View Item View Item