ANWAR MUHAMAD SIDIQ, ANWAR and PROBO YUDHA PRASETYO, PROBO YUDHA PRASETYO and VERONICA, VERONICA (2023) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR NGUDI REJEKI GILINGAN KOTA SURAKARTA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text (HALAMAN COVER)
1. HALAMAN COVER.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
4. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III KAJIAN PUSTAKA)
5. BAB III KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2050. Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV METODOLOGI PENELITIAN)
6. BAB IV METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2050. Download (168kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V ANALISIS DATA DAN PEMECAHAN MASALAH)
7. BAB V ANALISIS DATA DAN PEMECAHAN MASALAH.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2050. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2050. Download (109kB) | Request a copy |
Abstract
Kawasan Pasar Ngudi Rejeki Gilingan merupakan kawasan yang memiliki tingkat aktivitas perjalanan yang tinggi karena pada kawasan ini merupakan titik vital perekenomian di Kota Surakarta yang mana memiliki volume lalu lintas tinggi, terdapat parkir on-street, dan kegiatan pedagang kaki lima pada fasilitas pejalan kaki yang mana timbul permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan analisis penerapan usulan penyelesaian masalah untuk meningkatkan kinerja lalu lintas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kinerja jaringan jalan, analisis pejalan kaki, dan analisis parkir. Analisis kinerja jaringan pada usulan dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi Vissim. Usulan penanganan masalah yang dilakukan dengan optimasi simpang pada simpang APILL 4 Tirtonadi, pemindahan parkir on-street ke off-street, pengadaan fasilitas untuk pejalan kaki dan penyeberangan, pelarangan pedagang kaki lima berjualan di trotoar atau badan jalan, melarang angkutan umum yang menunggu serta naik turun penumpang di badan jalan. Hasil kinerja jaringan jalan eksisting tersebut kemudian akan dibandingkan dengan usulan penanganan masalah untuk diperoleh kinerja terbaik. Dalam penelitian ini parameter kinerja jaringan digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim, MRLL, MAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.8 |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:16 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:16 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |