MUCHAMMAD AFANUR RIFQI MAULANA, AFANUR RIFQI and ERLINA INDRIASARI, ERLINA INDRIASARI and MEGA SURYANDARI, MEGA SURYANDARI (2023) SKRIPSI "ANALISIS KEBUTUHAN PERLENGKAPAN JALAN PADA RUAS JALAN LINGKAR UTARA KOTA TASIKMALAYA". UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (480kB) |
![]() |
Text (Daftar isi)
Daftar isi.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2030. Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2030. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 6)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2030. Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Jurnal)
JURNAL.pdf Restricted to Registered users only until 7 September 2030. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Ruas Jalan Lingkar utara Kota Tasikmalaya merupakan ruas jalan yang masih baru di Kota Tasikmalaya kebutuhan akan perlengkapan jalan sangat di butuhkan guna mencegah terjadinya kecelakaan pada ruas jalan ini. Jalan berkeselamatan apabila memenuhi 3 kriteria, yaitu regulating road (jalan yang memenuhi standar geometrik jalan berdasarkan regulasi), self explaining road (jalan yang bisa menjelaskan kondisinya, yatu jalan yang memiliki fasilitas perlengkapan yang tepat dan cukup), serta forgiving road (jalan yang memaafkan, yaitu jika kecelakaan tidak dapat terhindarkan lagi maka jalan juga dilengkapi fasilitas pengaman berupa pagar pengaman jalan, jalur penyelamat dan lain-lain) Konsep desain jalan berkeselamatan jalan adalah, bahwa seluruh sistem lalu lintas jalan disesuaikan dengan keterbatasan/kemampuan manusia sebagai pengguna jalan, tujuannya untuk mencegah terjadinya tabrakan yang melibatkan elemen infrastruktur jalan. Analisis yang digunakan berupa analisis kejadian kecelakaan, analisis perilaku pengguna jalan, geometrik jalan,analisis fasilitas kelengkapan jalan, Analisis jarak pandang henti, serta analisis kecepatan sesaat. Upaya yang dapat dilakukan demi meningkatan keselamatan maka dilakukan upaya sebagai berikut yaitu: Pemasangan rambu batas kecepatan jarak 50-100 meter sebelum memasuki daerah rawan kecelakaan ruas jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya Segmen 3.Pemasangan rambu petunjuk 50-100 meter sebelum adanya tikungan Pemasangan garis marka,Pemasangan Lampu Penerangan jalan sehingga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bagi pengguna jalan dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ruas Jalan, Rambu Lalu Lintas, Geometrik Jalan, Kecepatan, Kecelakaan, Kelengkapan Jalan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.13 |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:01 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:01 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |