MUHAMMAD FEBRIAN NOOR, FEBRIAN (2023) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS JALAN DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS RUAS JALAN CILIWUNG). UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS JALAN DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS RUAS JALAN CILIWUNG). A-H. (Submitted)
![]() |
Text (UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS JALAN DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS RUAS JALAN CILIWUNG))
JURNAL M. FEBRIAN NOOR_1901273.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jalan Ciliwung berada di Kota Blitar yang menjadi urutan pertama terburuk Daerah Rawan Kecelakaan Kota Blitar dengan 8 kejadian kecelakaan periode 2017-2021. Tingginya angka kecelakaan dan tingkat fatalitas korban pada Jalan Ciliwung maka dilakukan penelitian apa yang menjadi faktor penyebab kecelakaan pada Jalan Ciliwung dan dampak dari kondisi eksisting geometri Jalan Ciliwung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa yang menyebabkan tingginya angka kecelakaan dan tingkat fatalitas korban pada Jalan Ciliwung, menganalisis geometrik jalan dan tipe kecelakaan yang terjadi, dan upaya penanganan yang tepat. Maka untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan analisis analisis dari data data sekunder dan data primer yang telah didapatkan. Analisis yang dilakukan pada penelitian ini seperti analisis kecepatan sesaat, analisis ini dilakukan perhitungan dengan Persentil 85 yang diharapkan mampu mewakili rata rata kecepatan pengguna kendaraan. Analisis Jarak pandang henti dan menyiap, analisis ini dilakukan perhitungan jarak pandang henti dan menyiap untuk mengetahui potensi terjadinya kecelakaan yang berkaitan dengan kecepatan, dan akan diketahui tipe tabrakan yang mungkin terjadi pada Jalan Ciliwung. Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ), analisis ini bertujuan untuk membandingkan kondisi eksisting ruas jalan dengan standar teknis keselamatan, namun pada penelitian ini hanya mencakup geometrik jalan dan fasilitas perlengkapan jalan saja. Selanjutnya analisis Daerah Rawan Kecelakaan (DRK) yang didalamnya memuat analisis ZScore, diagram collision, faktor penyebab kecelakaan, analisis pejalan kaki. Dari analisis tersebut diketahui Jalan Ciliwung dengan kecepatan rencana 40 km/jam banyak kendaraan yang melebihi batas. Faktor penyebab kecelakaan yang utama pada Jalan Ciliwung adalah manusia. Ditemukannya geometrik jalan yang masih tidak sesuai dengan standar teknis keselamatan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan Lalu Lintas, Kecepatan, Inspeksi Keselamatan Jalan, Faktor penyebab, Z-Score. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.14 |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:03 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:03 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |