PERENCANAAN JALUR NON MOTORIZED TRANSPORTATION DI KAWASAN PERKOTAAN (STUDI KASUS: JALAN KUSUMA BANGSA CBD KABUPATEN LAMPUNG SELATAN)

MAULUDIN FAJAR AKBAR, FAJAR (2023) PERENCANAAN JALUR NON MOTORIZED TRANSPORTATION DI KAWASAN PERKOTAAN (STUDI KASUS: JALAN KUSUMA BANGSA CBD KABUPATEN LAMPUNG SELATAN). PERENCANAAN JALUR NON MOTORIZED TRANSPORTATION DI KAWASAN PERKOTAAN (STUDI KASUS: JALAN KUSUMA BANGSA CBD KABUPATEN LAMPUNG SELATAN), 1 (1). i-122.

[img] Text (TENTANG UNMOTORIZED)
JURNAL PERENCANAAN JALUR NON MOTORIZED TRANSPORTATION DI KAWASAN PERKOTAAN STUDI KASUS JL KUSUMA BANGSA CBD KABUPATEN LAMPUNG SELATAN.pdf

Download (972kB)

Abstract

Kabupaten Lampung Selatan memiliki ruang terbuka hijau yang terletak di taman kota, yang berdekatan langsung dengan kawasan pendidikan dan komplek pemerintahan. Diawali dengan identifikasi masalah dengan adanya mix traffic menyebabkan tingkat pelayanan ruas jalan rendah, dan mengakibatkan rendahnya kualitas udara di wilayah studi, selanjutnnya pengumpulan data sekunder , dan data primer. Kemudian analisis untuk mendapatkan output, yaitu merencanakan konsep dan desain Non- Motorized Transportation (NMT), dan kesimpulan. Berdasarkan analisa memiliki tingkat pelayanan rendah pada Jl. Kusuma Bangsa II sebesar 0,59 dengan kepadatan 92,33 smp/km, merupakan salah satu penyebab tingginya IKU senilai 83,81 pada parameter NO2, Validasi VC ratio dengan X2 hitungan < X2 tabel = 4,50<43,77 artinya hasil model dapat dilanjutkan karena X2 hitung <X2 Tabel, dan Kualitas Udara senilai X2 hitung <X2 tabel 0,189<30 artinya hasil model dapat dilanjutkan. VC ratio rata-rata pada data eksisting sebesar 0,32 setelah penanganan menjadi 0,21, dan pada tahun rencana data eksisting sebesar 0,41 setelah adanya penanganan NMT menjadi 0,26.VC ratio rata-rata yang pada data eksisting sebesar 0,32 setelah adanya penanganan menjadi 0,21, dan pada tahun rencana data eksisting sebesar 0,41 setelah adanya penanganan NMT menjadi 0,26. NMT dapat mereduksi IKU menjadi lebih baik dengan nilai 62% pada penanganan 12 jam, dapat diambil keputusan penerapan skenario NMT 12 jam dapat direkomendasikan untuk diterapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Unmotorized, Kualitas Udara, Ruas Jalan, Jaringan Jalan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: TD 1.1 1.1
Date Deposited: 10 Jan 2024 05:17
Last Modified: 10 Jan 2024 05:17
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item