LINGGA REYNANDA IKRAM BAHRI, LINGGA and FERI WISUDAWANTO, ST., MT, FERI and MEGA SURYANDARI, S.SiT., MT, MEGA (2023) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS DI DAERAH RAWAN KECELAKAAN JALAN SERANG-PANDEGLANG KM 8-9 KOTA SERANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text (Cover)
Cover.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
Daftar isi.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only until December 2023. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only until December 2023. Download (421kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only until December 2023. Download (694kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab VI)
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only until December 2023. Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until December 2023. Download (719kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only until December 2023. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Serang-Pandeglang KM 8-9 merupakan Jalan Arteri yang berstatus nasional yang terletak di Kota Serang yang termasuk ke dalam daerah rawan kecelakaan berdasarkan Laporan Umum Tim PKL Kota Serang 2022 dengan 11 kejadian kecelakaan, dengan korban meninggal dunia sebanyak 8 orang, luka berat 2 orang dan luka ringan sebanyak 11 orang. Daerah kajian terbagi menjadi tiga segmen. Penulis tertarik mengambil penelitian tentang keselamatan di ruas Jalan Serang-Pandeglang KM 8-9 Dengan analisis yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis faktor penyebab kecelakaan, analisis kecepatan persentil 85, analisis jarak pandang henti, analisis HIRARC, analisis biaya kecelakaan dan analisis benefit & cost ratio. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi upaya penanganan untuk mengatasi permasalahan kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan tingkat keselamatan lalu lintas pada jalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan didapatkan kesimpulan faktor penyebab terjadi kecelakaan di ruas Jalan Serang-Pandeglang KM 8-9 didominsi oleh Faktor manusia yang disebabkan prilaku pengemudi mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi yang diperkuat dengan hasil kecepatan jalan ini yang sudah melebihi batas rencana jalan sebesar 60 km/jam. Sedangkan dari faktor prasarana masih terdapat kondisi jalan yang rusak dan bergelombang, kurangnya jumlah rambu, kurangnya fasilitas penerangan jalan sehingga memperbesar resiko kecelakaan. Maka diperlukan rekomendasi dalam upaya penaganan dan peningkatan keselamatan lalu lintas pada ruas jalan Serang-Pandeglang KM 8-9 berupa pengusulan desain jalan yang berkeselamatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.14 |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 06:55 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 06:55 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |