PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN RAYA BALAMOA-KEMANTRAN DI KABUPATEN TEGAL

Khrisna Dewa Nata, Nata (2023) PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN RAYA BALAMOA-KEMANTRAN DI KABUPATEN TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-Sekolah Timggi Transportasi Darat.

[img] Text (HALAMAN COVER)
HAL COVER.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN DAFTAR ISI)
HAL DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN BAB 1)
HAL BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN BAB 2)
HAL BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN BAB 3)
HAL BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN BAB 4)
HAL BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN BAB 5)
HAL BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (HALAMAN BAB 6)
HAL BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2050.

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Jalan Raya Balamoa-Kemantran merupakan jalan lokal yang terletak di Kabupaten Tegal dengan jumlah kecelakaan tertinggi dengan 7 kejadian kecelakaan, dengan korban meninggal 2 orang dan luka ringan sebanyak 8 orang pada tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi penanganan untuk mengatasi permasalahan kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan tingkat keselamatan lalu lintas pada jalan ini. Analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis frekuensi kecelakaan, analisis faktor penyebab, analisis manajemen kecepatan (persentil 85 dan jarak pandang henti), analisis HIRARC, analisis penentuan jenis fasilitas penyebrangan pejalan kaki dan analisis usulan peningkatan keselamatan. Segmen dengan tingkat kecelakaan paing tinggi terdapat pada segmen 1 dan 6. Faktor penyebab kecelakaan tertinggi pada segmen 1 dan 6 disebabkan oleh perilaku manusia yang mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi yang diperkuat dengan hasil kecepatan sesaat yang sudah melebihi batas kecepatan rencana sebesar 30 km/jam. Rekomendasi dan penanganan yang diberikan disesuaikan dengan faktor penyebab kecelakaan dan analisis yang diantaranya ialah pengadaan rambu sesuai kronologi yang terjadi, pembangunan Pedestrian Platform serta sosialisasi dan kampanye keselamatan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, Kecepatan, Keselamatan, Segmen, Lalu Lintas
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.8
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:39
Last Modified: 10 Jul 2024 03:39
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4447

Actions (login required)

View Item View Item