PENINGKATAN KESELAMATAN PADA DAERAH RAWAN KECELAKAAN RUAS JALAN DIPONEGORO SEGMEN II DI KABUPATEN WONOGIRI

MUHAMMAD REZKY TAUFIQ HIDAYAT, REZKY and YUANDA PATRIA TAMA, YUANDA PATRIA TAMA and AGUS SEMBODO, AGUS (2023) PENINGKATAN KESELAMATAN PADA DAERAH RAWAN KECELAKAAN RUAS JALAN DIPONEGORO SEGMEN II DI KABUPATEN WONOGIRI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text (HALAMAN COVER)
HALAMAN COVER.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until 8 September 2030.

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Ruas jalan Diponegoro II merupakan jalan arteri dengan tipe jalan 4/2 UD dan panjang ruas jalan 3 km. Jalan ini merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Ponorogo. Jalan Diponegoro II yang merupakan daerah rawan kecelakaan peringkat kedua di Kabupaten Wonogiri, data menunjukan bahwa dalam 5 tahun terakhir (2017-2021) terdapat 15 kejadian kecelakaan dengan tingkat keparahan 4 korban meninggal dunia dan 14 luka ringan. Dalam penelitian ini kajian dilakukan analisis terhadap faktor penyebab kecelakaan, Inspeksi Keselamatan Jalan, dan Potensi Bahaya (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control). Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang didapat dari hasil lapangan dan data sekunder dari instansi terkait. Kendaraan yang melintas di ruas Jalan Diponegoro II ini beragam mulai dari kendaraan pribadi, truk besar, truk sedang, bus kecil, dan sepeda motor. Banyaknya akses keluar-masuk yang ada di ruas Jalan Diponegoro II menyebabkan konflik yang ada pada ruas Jalan Diponegoro II, dengan kecepatan rata-rata kendaraan cukup tinggi >60 km/jam. Faktor manusia, sarana, dan prasarana jalan menjadi faktor yang mengakibatkan kecelakaan di ruas Jalan Diponegoro II. Berdasarkan hasil penilaian resiko pada masing-masing segmen dapat diketahui bahwa hazard pada ruas Jalan Diponegoro II memiliki risk level extreme atau sangat tinggi sebesar 19%, level Risk high atau tinggi memiliki persentase 31%, level risk moderate atau sedang memiliki persentase 38%, level risk low atau rendah mempunyai persentase sebesar 12%, analisa tersebut selanjutnya dilakukan upaya penanggulan serta rekomendasi untuk melengkapi dan memperbaiki prasarana dan infrastruktur seperti rambu, APILL Warning Light, lampu penerangan jalan umum, pita penggaduh, zebra cross yang tidak memenuhi standar laik jalan guna meningkatkan keselamatan serta meminimalisir fatalitas korban apabila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keselamatan, Kecelakaan, Keselamatan, Potensi Bahaya, Inspeksi Keselamatan Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: LLAJ MTJ 1.3
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:39
Last Modified: 10 Jul 2024 03:39
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4461

Actions (login required)

View Item View Item