GIAN BRAINARD KUEMBA, GIAN and SAM DELI IMANUEL, SAM DELI and WIJIANTO, WIJIANTO (2023) PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU UMAR BARAT DI KM 1 KOTA DENPASAR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (67kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (97kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (93kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (132kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (126kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (81kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 8 September 2033. Download (166kB) | Request a copy |
Abstract
Ruas jalan Teuku Umar Barat merupakan ruas jalan yang memiliki panjang jalan 3.2 Km dengan status jalan Provinsi dimana langsung menghubungkan ke daerah-daerah wisata di Kota Denpasar. Fungsi jalan yaitu Kolektor Primer dengan tipe jalan yaitu 2/2 UD. Ruas jalan Teuku Umar Barat KM 1 ini mempunyai kecepatan rencana 40 Km/Jam. Berdasarkan data dari Kepolisian Kota Denpasar, sebanyak 15 kecelakaan yang terjadi di KM 1 ruas jalan Teuku Umar Barat per tahun 2021 dan menjadikan segmen ruas jalan ini sebagai daerah rawan kecelakaan. Kecelakaan diruas jalan ini disebabkan oleh faktor pengemudi yang kurang disiplin dan kurang berhati-hati dalam berlalu lintas dan kecepatan tinggi juga berkontribusi terhadap kecelakaan diruas jalan ini. Juga dipengaruhi oleh faktor prasarana jalan seperti jalan yang dibeberapa titik lokasi sudah mulai retak dan berlubang, jalan yang bergelombang dan juga kurangnya perlengkapan jalan juga menjadi penyebab kecelakaan di KM 1 ruas jalan Teuku Umar Barat Kota Denpasar. Selain itu juga tingkat keparahan kecelakaan diruas jalan ini masih tergolong cukup tinggi dari ruas-ruas jalan yang berada di Kota Denpasar. Analisis yang digunakan dalam menangani berbagai masalah diruas jalan ini yaitu, analisis berdasarakan data kepolisian, analisis tingkat keparahan kecelakaan lalu lintas, analisis faktor penyebab kecelakaan, analisis kecepatan sesaat, analisis perilaku pengguna jalan khususnya di Kota Denpasar dan juga membandingkan kondisi perlengkapan jalan pada saat pengamatan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Tujuan akhir dalam penelitian ini yaitu memberikan upaya penanganan berupa desain jalan berkeselamatan, sehingga diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan pada ruas jalan Teuku Umar Barat khususnya pada KM 1 karena pada titik ini merupakan lokasi dari 15 kecelakaan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kecelakaan, Karakter pengendara, Desain jalan yang berkeselamatan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.15 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:40 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:40 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |