MANAJEMEN REKAYASA LALU-LINTAS PADA PERSIMPANGAN GUNUNG SARI DI KOTA CIREBON

ABANG VICKY HAIKAL HISYAM, VICKY (2023) MANAJEMEN REKAYASA LALU-LINTAS PADA PERSIMPANGAN GUNUNG SARI DI KOTA CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT-STTD.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text (GAMBARAN UMUM)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (METODOLOGI PENELITIAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (ANALISA DAN PEMBAHASAN)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
BAB VI.pdf

Download (116kB)

Abstract

Kota Cirebon merupakan kota yang memiliki jaringan jalan tipe grid. Dimana jaringan jalan tipe grid ini menunjukkan pola jalan yang memiliki banyak persimpangan dengan fokus pada daerah CBD. Berdasarkan hasil survei inventarisasi wilayah kajian, terdapat 22 simpang yang dikaji dengan 22 simpang dengan pengendali (APILL). Berdasarkan hasil analisis tim PKL kota Cirebon tahun 2022, terdapat beberapa simpang yang perlu dilakukannya menajemen salah satunya adalah simpang Gunung Sari. Simpang Gunung Sari sendiri adalah simpang menggunakan pengaturan APILL dengan sistem 3 fase, sehingga dari hasil analisa pengaturan 3 fase dengan jumlah empat lengan simpang memiliki beberapa konflik utama dengan rasio belok kanan mencapai 32% memiliki potensi dalam terjadinya kemacetan. Berdasarkan hasil survei Tim PKL Kota Cirebon Simpang Gunung Sari sendiri memiliki derajat kejenuhan 0,87 dengan panjang antrian hingga 105 meter berdasarkan PM No 96 tahun 2015 terkait tingkat pelayanan persimpangan maka dapat diketahui dengan nilai tundaan 47,27 det/smp maka tingkat pelayanan simpang Gunung Sari eksisting dikategorikan pada kategori E. Sehingga perlunya dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas pada persimpangan ini. Digunakan beberapa metode rekayasa dalam peningkatan kinerja persimpangan ini yakni dengan pembangunan bundaran serta pengaturan kembali fase APILL. Kata Kunci : Rekayasa Lalu-Lintas, Kinerja Persimpangan, Bundaran, Pengaturan Fase APILL, Simpang Bersinyal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen rekayasa lalu-lintas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: TD 1.1 1.1
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:42
Last Modified: 10 Jul 2024 03:42
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4563

Actions (login required)

View Item View Item