PENINGKATAN SISTEM PELAYANAN DRIVE THRU GUNA MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER

ALDHIAN MEGANTARA (2020) PENINGKATAN SISTEM PELAYANAN DRIVE THRU GUNA MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
TA ALDHIAN M 1805005.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (3MB)

Abstract

Pengujian kendaraan bermotor juga mengedepankan sistem pelayanan nya, salah satunya adalah sistem pelayanan Drive Thru yang diterapkan di Kabupaten Jember guna meningkatkan mutu sistem pelayanan yang cepat dan berkualitas dari mulai proses pendaftaran hingga pengesahan hasil uji secara komperensif antara lain dimulai kendaraan datang, mendafatar, pra uji sampai dengan pengujian teknis dan pengesahan hasil uji. Sistem Drive Thru merupakan salah satu sistem pembantu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat yang salah satunya difungsikan untuk mengefesiensikan waktu pelayanan di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Jember. Data Primer meliputi : a. Pengamatan pelaksanaan pengujian Kendaraan Bermotor; b. Pengamatan Lokasi pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor; c. Pengamatan terhadap kinerja pelayanan Drive Thru; d. Pengamatan terhadap pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor. Data Sekunder meliputi : a. Data luas lahan lokasi dan gedung uji Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember; b. Lay out Pengujian Kendaraan Bermotor; c. Data struktur organisasi dan tenaga Penguji Kendaraan Bermotor; d. Data Jumlah Kendaraan Wajib Uji. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini antara lain: 1. Metode Literatur, 2. Metode Observasi, 3. Metode Kegiatan Praktik. Penulis dapat menyimpulkan bahwa Pengujian yang dilakukan secara Drive Thru telah dilaksanakan sesuai dengan SOP namun masih terdapat kekurangan, yaitu : 1. Dilakukan kaji ulang terhadap Sistem Drive Thru secara komprehensif, agar dapat lebih maksimal dalam proses pelayanannya. 2. Perlunya penambahan fasilitas baru khususnya dalam bidang pelayanan, misalnya dengan menambah loket pendaftaran pada unit Arjasa, agar lebih efektif dan mempercepat pada bagian proses pelayanan. 3. Belum dilakukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan pengujian Kendaraan Bermotor di Kabupaten Jember yang berkaitan dengan sistem pelayanan Drive Thru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: DRIVE THRU, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: PRODI PKB DII
Date Deposited: 12 Mar 2021 05:00
Last Modified: 12 Mar 2021 05:00
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item