PENATAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR SUNGGINGAN DI KABUPATEN BOYOLALI

Indri Sukmawati, Indri and DESSY ANGGA AFRIANTI, DESSY ANGGA AFRIANTI and Ahmad Yani, Ahmad Yani (2023) PENATAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR SUNGGINGAN DI KABUPATEN BOYOLALI. PENATAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR SUNGGINGAN DI KABUPATEN BOYOLALI. pp. 1-6.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (365kB)

Abstract

Kawasan pasar memainkan peran penting dalam dinamika kegiatan ekonomi dan sosial suatu wilayah. Pasar Sunggingan di Kabupaten Boyolali adalah salah satu contoh kawasan pasar yang memiliki tantangan dalam pengaturan lalu lintas yang efisien. Penataan lalu lintas yang tepat di kawasan pasar sangat penting untuk menjaga kelancaran aktivitas perdagangan dan mobilitas masyarakat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan evaluasi kinerja jaringan, analisis parkir, serta analisis pejalan kaki. Dalam menganalisis data, penelitian menggunakan pendekatan kombinasi antara data primer yang diperoleh secara langsung dari lapangan, serta data sekunder yang bersumber dari instansi terkait, literatur, dan sumber-sumber lain yang relevan untuk memberikan panduan dalam mengatasi permasalahan di lokasi penelitian. Dalam rangka menganalisis kinerja jaringan, penggunaan aplikasi transportasi Vissim menjadi sangat penting. Hasil kinerja jaringan pada usulan tersebut kemudian akan dibandingkan dengan menerapkan usulan penyelesaian masalah. Dari hasil analisis dengan melakukan permodelan pada aplikasi Vissim diperoleh beberapa usuluan pemecahan masalah. Usulan pemecahan masalah ini dilakukan dengan Sistem Satu Arah (SSA),pemindahan parkir on street menjadi off street, pengadaan fasilitas pejalan kaki, dan pelarangan angkutan umum masuk di depan pasar. Dengan menerapkan usulan penanganan sebagaimana yang dikaji dalam penelitian ini, terjadi peningkatan dalam hal aksesibilitas dan pelayanan di Pasar Sunggingan, Kabupaten Boyolali serta kinerja jaringan jalan di area tersebut. Hasil dari peningkatan kinerja jaringan ini mencakup tundaan rata-rata sebesar 18,84 kend-detik, kecepatan rata-rata jaringan sebesar 22,6 km/jam, total jarak yang ditempuh sebesar 3143,36 kend-km, dan total waktu perjalanan sebesar 139,13 kend-jam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Road Network Performance, Park, Pedestrian, Vissim Application
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.4
Date Deposited: 15 May 2024 01:50
Last Modified: 15 May 2024 01:50
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4666

Actions (login required)

View Item View Item