TIARA ANDILA, TIARA and WISNU WARDANA KUSUMA, WISNU and GLORIANI NOVITA CHRISTIN, GLORI (2023) PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS DI KAWASAN SEKOLAH MADRASAH ALIYAH YAPSI DI LAMPUNG BARAT. PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS DI KAWASAN SEKOLAH MADRASAH ALIYAH YAPSI DI LAMPUNG BARAT. pp. 1-7. (Submitted)
![]() |
Text
PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS DI KAWASAN SEKOLAH MADRASAH ALIYAH YAPSI DI LAMPUNG BARAT.pdf Download (456kB) |
Abstract
Transportasi darat merupakan alat transportasi yang sangat dibutuhkan dalam distribusi perjalanan orang dan barang, salah satu pengguna terbanyak transportasi adalah aktivitas pendidikan/sekolah. pemerintah berperan dalam menyelenggarakan tugas untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pemerintah melalui Direktorat Lalu Lintas Jalan, sebagai upaya untuk mewujudkan pelaksanaan UU No. 23 tahun 2002, pasal 22 yang berbunyi “Negara dan Pemerintah berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan perlindungan anak”. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pola kegiatan dan pergerakan di kawasan sekolah Madrasah Aliyah YAPSI .Mengidentifikasi potensi bahaya dan resiko kecelakaan di kawasan sekolah Madrasah Aliyah YAPSI. Mengetahui upaya peningkatan keselamatan serta mendesain fasilitas jalan yang berkeselamatan di kawasan sekolah Madrasah Aliyah YAPSI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data yang dilakukan meliputi data sekunder dan data primer serta pendekatan literatur-literatur yang berhubungan dengan penulisan Kertas Kerja Wajib ini. Merujuk kepada identifikasi masalah yang ada, maka diperlukan penanganan terhadap permasalahan pada beberapa lokasi di ruas jalan Kabupaten Lampung Barat. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa Faktor prasarana pada ruas Jalan Bukit Kemuning – Padang Tambak I dinilai mempengaruhi besarnya potensi penyebab kecelakaan karena banyaknya fasilitas sarana dan prasarana pada ruas jalan tersebut sudah kurang layak dan juga pada ruas jalan ini ada banyak pertokoan serta sering banyaknya kendaraan yang parkir pada ruas jalan ini sehingga menyebabkan ruas jalan ini menjadi salah satu ruas yang berpotensi menjadi daerah potensi kecelakaan,potensi bahaya yaitu tidak adanya fasilitas penyebrangan, bahu jalan yang kecil, fasilitas lampu dan penerangan yang tidak ada, perkerasan jalan, kurangnya rambu peringkatan. Sehingga, rekomendasi yaitu berupa pengusulan desain jalan yang berkeselamatan yang meliputi manajemen kecepatan dengan menentukan batas kecepatan dengan menentukan batas kecepatan 30 km/jam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Lalu Lintas, Kendaraan Darat |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.15 |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:18 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:18 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |