PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN DI KOTA BINJAI

ALFIAN RIZQI ASFIHANI, ALFIAN (2023) PENINGKATAN KESELAMATAN PADA RUAS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN DI KOTA BINJAI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text (HALAMAN COVER)
HALAMAN COVER.pdf

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2030.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2030.

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2030.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian serius untuk meningkatkan keselamatan. Untuk mengurangi angka kecelakaan, diperlukan penanganan berbagai faktor penyebab, seperti perilaku pengemudi, kondisi kendaraan, infrastruktur jalan, dan lingkungan sekitar. Dalam konteks ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan pemanfaatan web sebagai alat penting bagi Dinas Perhubungan Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Dinas Perhubungan, PUPR, dan PKL Kota Binjai tahun 2023, serta data primer yang diperoleh langsung dari lapangan melalui survei. Analisis data rambu lalu lintas dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan literatur rambu lalu lintas. Metode Waterfall digunakan untuk menggambarkan pengembangan model aturan hidup perangkat lunak secara berurutan, mencakup tahap analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan perawatan. Kondisi rambu di Jalan Raya Perintis Kemerdekaan Kota Binjai adalah tipe 2/2 UD dengan terpasang sebanyak 77 rambu. Survei kecepatan mengungkapkan bahwa kecepatan rata-rata melebihi batas kecepatan rencana. Kondisi jarak pandang henti menjadi faktor keselamatan yang kritis, sehingga dianjurkan perbaikan rambu, pemangkasan pohon yang menghalangi visibilitas, serta pemasangan rambu batasan kecepatan dan rambu larangan mendahului. Sistem Informasi Rambu dan Jalan diusulkan sebagai solusi efektif dalam pendataan fasilitas jalan, pengelolaan data, dan pelaporan kondisi jalan sistem ini dilengkapi dengan , Sistem Informasi Geografis (SIG) juga disebutkan sebagai alat untuk mengelola data geospasial. Penggunaan QR code dalam sistem ini mempercepat proses pendataan dan pelaporan. Rekomendasi mencakup perbaikan infrastruktur jalan, peningkatan penerangan, pengawasan kecepatan, serta implementasi sistem aplikasi web. Kata kunci : Kecelakaan lalu lintas, Keselamatan, Waterfall, Sistem Informasi, Web

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Keselamatan, Waterfall, Sistem Informasi, Web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.11
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:53
Last Modified: 10 Jul 2024 03:53
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item