OKKY WAHYU ARDHANA, OKKY (2023) MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN PASAR BARU KABUPATEN LUMAJANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text (HALAMAN COVER)
HALAMAN COVER.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (703kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2030. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pasar Baru Lumajang merupakan pasar tradisional di Kabupaten Lumajang yang terletak di Kecamatan Lumajang. Pada beberapa ruas jalan disamping kiri kanan jalan terdapat banyak lapak pedagang semi permanen yang memenuhi trotoar bahkan badan jalan untuk berdagang dan membuat pejalan kaki berjalan di badan jalan yang membahayakan bagi pejalan kaki dan adanya parkir on street. Dengan kondisi demikian timbul permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan uji coba beberapa alternatif skenario penyelesaian masalah untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengna analisis kinerja jaringan jalan, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di wilayah studi. Untuk analisis kinerja jaringan pada skenario-skenario dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi Vissim. Hasil kinerja jaringan tiap skenario tersebut kemudian akan dibandingkan untuk diperoleh skenario terbaik. Dalam penelitian ini parameter kinerja jaringan yang digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan. Dari hasil analisis dengan melakukan permodelan pada aplikasi Vissim diperoleh skenario terbaik adalah skenario 3. Skenario ini dilakukan dengan pemindahan parkir on street ke off street, pengadaan fasilitas pejalan kaki, penertiban lapak pedagang di badan jalan, dan melakukan sistem satu arah. Dengan penerapan skenario 3 dalam penelitian ini, kinerja jaringan jalan kawasan Pasar Baru Kabupaten Lumajang meningkat. Kinerja jaringan yang dihasilkan tersebut memiliki tundaan rata-rata 13,11 detik, kecepatan jaringan 34,84 km/jam, total jarak perjalanan 7835,83 km, dan total waktu perjalanan 224,93 jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS, MRLL, KABUPATEN LUMAJANG, LUMAJANG |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.11 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:53 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:53 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |