MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR RAKYAT JAGASATRU KOTA CIREBON

MUHAMMAD ZAKI RAIHAN, ZAKI and MASRONO YUGIHARTIMAN, MASRONO YUGIHARTIMAN and SRI SARJANA, SRI SARJANA (2023) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR RAKYAT JAGASATRU KOTA CIREBON. MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR RAKYAT JAGASATRU KOTA CIREBON. pp. 1-14. (In Press)

[img] Text
JURNAL MUHAMMAD ZAKI RAIHAN (1901294).pdf

Download (317kB)

Abstract

Pasar Rakyat Jagasatru merupakan pasar yang berada di Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Pada bahu jalan terdapat parkir on street. Fasilitas pejalan kaki pada kawasan ini digunakan oleh pedagang kaki lima. Dengan kondisi yang demikian, timbul permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan uji coba beberapa alternatif penyelesaian masalah untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Analisis dilakukan berdasarkan data primer dan data sekunder, dengan analisis kinerja jaringan, analis parkir, analisis pejalan kaki, dan penilaian walkability index. Untuk analisis kinerja jaringan dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi Vissim. Hasil kinerja jaringan tersebut kemudian akan dibandingkan untuk mengetahui peningkatan kinerja jaringan jalan. Dalam penelitian ini parameter kinerja jaringan digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan. Dari hasil analisis dengan melakukan permodelan diperoleh alternatif terbaik dengan melakukan rekayasa lalu lintas berupa kebijakan pelarangan pengadaan untuk berjualan di fasilitas pejalan kaki, pelebaran jalan dengan pemindahan parkir on street menjadi off street, dan perencanaan pelebaran dan perbaikan fasilitas pejalan kaki berdasarkan dengan nilai rating walkability index. Dengan alternatif pemecahan permasalahan seperti yang dikaji dalam penelitian ini, kinerja jaringan jalan kawasan Pasar Rakyat Jagasatru Kota Cirebon meningkat. Kinerja jaringan yang dihasilkan dari alternatif tersebut memiliki tundaan rata-rata 17,16 detik, kecepatan jaringan 21,18 km/jam, total jarak yang ditempuh 3,32 km, total waktu perjalanan 156,5 jam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: TD 1.1 1.1
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:01
Last Modified: 03 Jun 2024 08:01
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4914

Actions (login required)

View Item View Item