ALFIAN RADIANSYAH ZAKARIA, ALFIAN (2023) PENINGKATAN KINERJA SIMPANG 4 PERUM TEGAL BESAR PERMAI 1 DI KABUPATEN JEMBER. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
HALAMAN COVER.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (605kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 15 September 2030. Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 15 September 2030. Download (607kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 15 September 2030. Download (962kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only until 15 September 2030. Download (60kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 September 2030. Download (223kB) | Request a copy |
Abstract
Simpang yang dikaji yaitu Simpang 4 Perum Tegal Besar Permai 1 yang merupakan salah satu persimpangan di Kabupaten Jember yang perlu ditingkatkan kinerjanya. pengaturan lalu lintasnya menggunakan Alat Pengendali Lalu Lintas (APILL) dengan jumlah 4 fase dengan total waktu siklus sebesar 145 detik. Simpang ini memiliki 4 kaki simpang dengan jumlah pendekat minor 2 dan jumlah pendekat mayor 2. Kinerja pada Simpang 4 Perum Tegal Besar Permai 1 memiliki DS terbesar 0,93 pada kaki barat, rata-rata panjang antrian 119,04 m, rata-rata tundaan sebesar 85,58 det/smp dengan LOS (Level Of Service) F. Kaki simpang utara memiliki DS 0,88; panjang antrian 136,67 m; dan tundaan sebesar 85,02 det/smp. Kaki simpang selatan memiliki DS 0,46; panjang antrian sebesar 60,00 m; dan tundaan sebesar 54,47 det/smp. Kaki simpang timur memiliki DS 0,89; panjang antrian 139,50 m; dan tundaan sebesar 81,92 det/smp dan kaki simpang barat memiliki DS sebesar 0,93; panjang antrian 140,00 m; dan tundaan sebesar 102,98 det/smp. Metode analisis data dilakukan dengan perhitungan simpang bersinyal yang berpedoma pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil analisis didapatkan usulan I penyesuaian waktu siklus dengan perubahan geometric, DS 0,64; antrian 42,67 m; tundaan 35,31 det/smp; LOS D. Usulan II mengubah 4 fase menjadi 3 fase, DS 0,66; antrian 75,46 m; tundaan 40,04 det/smp; LOS E. Usulan III mengubah 4 fase menjadi 2 fase, DS 0,71; antrian 74,59 m; tundaan 30,15 det/smp; LOS D. Dari ketiga usulan. Kondisi usulan I menjadi yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja simpang dengan tetap memperhatikan keselamatan pengguna jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persimpangan, Peningkatan Kinerja, Bersinyal, Kabupaten Jember |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.10 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:00 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:00 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |