PENINGKATAN KINERJA SIMPANG 4 PERUM TEGAL BESAR PERMAI 1 DI KABUPATEN JEMBER

ALFIAN RADIANSYAH ZAKARIA, ALFIAN (2023) PENINGKATAN KINERJA SIMPANG 4 PERUM TEGAL BESAR PERMAI 1 DI KABUPATEN JEMBER. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2030.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2030.

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2030.

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2030.

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2030.

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Simpang yang dikaji yaitu Simpang 4 Perum Tegal Besar Permai 1 yang merupakan salah satu persimpangan di Kabupaten Jember yang perlu ditingkatkan kinerjanya. pengaturan lalu lintasnya menggunakan Alat Pengendali Lalu Lintas (APILL) dengan jumlah 4 fase dengan total waktu siklus sebesar 145 detik. Simpang ini memiliki 4 kaki simpang dengan jumlah pendekat minor 2 dan jumlah pendekat mayor 2. Kinerja pada Simpang 4 Perum Tegal Besar Permai 1 memiliki DS terbesar 0,93 pada kaki barat, rata-rata panjang antrian 119,04 m, rata-rata tundaan sebesar 85,58 det/smp dengan LOS (Level Of Service) F. Kaki simpang utara memiliki DS 0,88; panjang antrian 136,67 m; dan tundaan sebesar 85,02 det/smp. Kaki simpang selatan memiliki DS 0,46; panjang antrian sebesar 60,00 m; dan tundaan sebesar 54,47 det/smp. Kaki simpang timur memiliki DS 0,89; panjang antrian 139,50 m; dan tundaan sebesar 81,92 det/smp dan kaki simpang barat memiliki DS sebesar 0,93; panjang antrian 140,00 m; dan tundaan sebesar 102,98 det/smp. Metode analisis data dilakukan dengan perhitungan simpang bersinyal yang berpedoma pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil analisis didapatkan usulan I penyesuaian waktu siklus dengan perubahan geometric, DS 0,64; antrian 42,67 m; tundaan 35,31 det/smp; LOS D. Usulan II mengubah 4 fase menjadi 3 fase, DS 0,66; antrian 75,46 m; tundaan 40,04 det/smp; LOS E. Usulan III mengubah 4 fase menjadi 2 fase, DS 0,71; antrian 74,59 m; tundaan 30,15 det/smp; LOS D. Dari ketiga usulan. Kondisi usulan I menjadi yang paling efektif untuk meningkatkan kinerja simpang dengan tetap memperhatikan keselamatan pengguna jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persimpangan, Peningkatan Kinerja, Bersinyal, Kabupaten Jember
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.10
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:00
Last Modified: 10 Jul 2024 04:00
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item