KAJIAN KINERJA OPERASI KA JOGLOSEMARKERTO

MUHAMMAD NUR CHOLISH, CHOLISH (2023) KAJIAN KINERJA OPERASI KA JOGLOSEMARKERTO. KAJIAN KINERJA OPERASI KA JOGLOSEMARKERTO. (Unpublished)

[img] Text (KAJIAN KINERJA OPERASI KA JOGLOSEMARKERTO)
JURNAL KAJIAN KINERJA OPERASI KA JOGLOSEMARKERTO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2030.

Download (1MB)

Abstract

Transportasi merupakan suatu sistem atau cara yang digunakan untuk memindahkan orang, barang, atau informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang menggunakan rel sebagai jalur pergerakannya. KA Joglosemarkerto merupakan kereta api dengan relasi Cilacap – Yogyakarta, saat ini KA Joglosemarkerto hanya memiliki 2 frekuensi perjalanan dalam sehari dengan 2 kelas KA yakni eksekutif dan ekonomi premium. Pada kelas ekonomi premium volume penumpangnya cenderung penuh, oleh karena itu diperlukan analisis terkait kebutuhan angkutan, karakteristik penumpang, dan penambahan jadwal perjalanan baru. Hasil penelitian menunjukkan jumlah penumpang pada bulan Desember tahun 2027 diprediksi sebanyak 30.881 penumpang atau sekitar 1.029 penumpang per hari serta mayoritas penumpang menginginkan penambahan jadwal KA baru antara pukul 11.00-13.00 WIB. Sehingga perlu dilakukannya penambahan perjalanan KA pada Gapeka dengan keberangkatan dari Stasiun Cilacap pukul 11.00 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 14.12 WIB untuk memenuhi jumlah penumpang tersebut. Kata Kunci: Kebutuhan Angkutan, Karakteristik Penumpang, Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Angkutan, Karakteristik Penumpang, Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka)
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Keretaapi KA 4.4
Date Deposited: 05 Jun 2024 01:40
Last Modified: 05 Jun 2024 01:40
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item