PENINGKATKAN KEDISIPLINAN PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR DALAM PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI UPTD PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BANYUWANGI

BAGUS, PANGESTU YOGATAMA SENTA (2020) PENINGKATKAN KEDISIPLINAN PENGUJI KENDARAAN BERMOTOR DALAM PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI UPTD PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BANYUWANGI. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
TUGAS AKHIR BAGUS PANGESTU.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (8MB)

Abstract

salah satu upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu disusun Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan. IKM merupakan data dan informasi tentang kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhan. Data IKM akan dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong setiap unit penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survei IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Data primer meliputi : 1) Pelayanan penguji kepada masyarakat 2) Pelaksanaan pengujian 3) Tingkat Kedisiplinan Penguji. Data sekunder meliputi : 1) Struktur Organisasi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi 2) Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 3) Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 Model Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini apabila berdasarkan tingkat ekplanasinya adalah penelitian deskriptif, karena dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat yang diukur dengan menghitung Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), kemudian metode penelitiannya menggunakan metode survei karena akan dilakukan pada populasi dengan mengambil sampel, dan menurut jenis data dan analisnya dalam penelitian ini akan diperoleh data berbentuk angka dari hasil pengisian kuesioner oleh para responden yang memberikan skor jawaban dari masing-masing pertanyaan yang di nilai dengan angka misalnya: sangat disiplin (4), disiplin (3), kurang disiplin (2), dan tidak disiplin (1), selanjutnya data tersebut akan dianalisis untuk menghitung Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Selama melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi, dan melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor, dapat penulis simpulkan bahwa secara keseluruhan pelayanan yang diberikan sudah bagus terbukti dengan nilai yang diperoleh melalui survei indeks kepuasan masyarakat menunjukan hasil yang baik yaitu 76,25 (Mutu Pelayanan Baik) namun pada pelaksanaannya terdapat sedikit permasalahan pada Sumber Daya Manusia Penguji yang ada yaitu kurang disiplinnya para penguji selama melaksanakan tugasnya. Berikut beberapa permasalahan yang Sering muncul, antara lain: 1. Lupa menggunakan alat pelindung diri pada saat melaksanakan Pengujian 2. Merokok di dalam gedung uji pada saat pengujian kendaraan berlangsung 3. Menggunakan Handphone untuk membuka sosial media di dalam gedung uji pada saat pengujian berlangsung Pada permasalahan yang muncul harus cepat di laksanakan evaluasi demi terciptanya pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor yang baik di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: KEDISIPLINAN, PELAYANAN, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: PRODI PKB DII
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:23
Last Modified: 08 Mar 2021 07:45
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item