M. RIFKI ALHAMDANI, RIFKI (2023) REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR WAGE WILAYAH STUDI KABUPATEN BANYUMAS. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text (COVER)
COVER SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text (GAMBARAN UMUM)
BAB 2 SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 3 SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
![]() |
Text (METODOLOGI PENELITIAN)
BAB 4 SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
![]() |
Text (ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH)
BAB 5 SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI M. RIFKI ALHAMDANI.pdf Download (87kB) |
Abstract
Kawasan Pasar Wage merupakan kawasan perdagangan yang terletak di Kecamatan Purwokerto Timur di Kabupaten Banyumas. Kawasan ini memiliki permasalahan transportasi yang disebabkan terdapat hambatan samping berupa parkir On Street, kegiatan bongkar muat barang di badan jalan, tidak berfungsinya bahu jalan akibat pedagang kaki lima yang berjualan di badan jalan serta tidak ada fasilitas pejalan kaki berupa trotoar di sepanjang Kawasan Pasar Wage. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu dilakukan sebuah rekayasa lalu lintas dengan memberikan usulan penanganan penyelesaian masalah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan usulan dalam memecahkan masalah dengan melakukan analisis kinerja lalu lintas pada ruas dan simpang yang berada di Kawasan Pasar Wage dengan menggunakan analisis Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kinerja jaringan jalan di tahun eksisting dengan penerapan usulan pemecahan masalah berupa pelarangan kepada masyarakat yang berjualan di bahu jalan, merencanakan pengadaan fasilitas pejalan kaki, pemindahan parkir On Street menjadi parkir Off Street, melakukan penjadwalan jam operasi kendaraan yang melakukan bongkar muat barang. Berdasarkan usulan tersebut terjadi peningkatan kapasitas sehingga menurunkan V/C ratio, meningkatkan kecepatan dan berdampak pada menurunnya nilai kepadatan. Untuk peramalan pada tahun 2027 terjadi peningkatan V/C ratio, penurunan kecepatan dan peningkatan kepadatan dikarenakan adanya pengaruh tingkat pertumbuhan kendaraan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | REKAYASA LALU LINTAS |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | TD 1.1 1.1 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 06:57 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 06:57 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |