UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS JALAN BROSOT TOYAN SEGMEN 4)

ILHAM FERNANDO, NANDO and RIANTO RILI PRIHATMANTYO, RIANTO RILI PRIHATMANTYO and JOHNY NELSON PANGARIBUAN, JOHNY NELSON PANGARIBUAN (2023) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS JALAN BROSOT TOYAN SEGMEN 4). UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS JALAN BROSOT TOYAN SEGMEN 4), 1 (1). pp. 1-11.

[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS JALAN BROSOT TOYAN SEGMEN 4))
UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS JALAN BROSOT TOYAN SEGMEN 4).pdf
Restricted to Registered users only until 15 October 2030.

Download (783kB)

Abstract

Berdasarkan data kecelakaan dari Kepolisian Resor Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 menunjukkan bahwa jalan Brosot Toyan dalam 5 tahun terakhir yaitu tahun 2016-2020 merupakan ruas jalan dengan jumlah kecelakaan mencapai 88 kejadian dengan 22 korban meninggal dunia, 4 korban luka berat, 336 korban luka ringan. Hal ini di sebabkan permasalahan terhadap kondisi prasarana jalan seperti kerusakan perkerasan di beberapa titik ruas jalan, minimnya rambu lalu lintas dan marka yang mengalami kerusakan, dan dari faktor pengemudi dengan tingkat kecepatan tinggi. Sehingga setelah dilakukan analisis didapatkan bahwa Tipe kecelakaan yang sering terjadi adalah Tabrakan Depan-Samping dengan total 34 kejadian. Minimnya fasilitas perlengkapan jalan yang berkeselamatan lalu lintas seperti, Rambu daerah rawan kecelakaan, rambu pembatas kecepatan, dan rambu persimpangan jalan, rambu stop di persimpangan. Sehingga Upaya penanganan untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan meminimalisirkan tingkat fatalitas kecelakaan di jalan Brosot Toyan 4 yaitu diperlukannya penambahan prasarana jalan seperti rambu larangan batas kecepatan karena masih terdapat kendaraan yang melaju melebihi batas kecepatan, rambu daerah rawan kecelakaan, rambu stop di persimpangan dan pemasangan pita penggaduh guna mengurangi kecepatan kendaraan yang melintas pada segmen 3 dan segmen 6 karena menjadi titik lokasi rawan kecelakaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Keselamatan, Kecelakaan, Jalan, Rawan Kecelakaan
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.14
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:57
Last Modified: 10 Jul 2024 06:57
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5481

Actions (login required)

View Item View Item