PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN PENUMPANG DI STASIUN CIKUDAPATEUH

FAHRUL PUJIYANA, FAHRUL (2023) PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN PENUMPANG DI STASIUN CIKUDAPATEUH. PENINGKIATAN FASILITAS PELAYANAN PENUMPANG DI STASIUN CIKUDAPATEUH, 1 (1). pp. 1-13.

[img] Text (JURNAL PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN PENUMPANG DI STASIUN CIKUDAPATEUH)
FAHRUL PUJIYANA_Jurnal Peningkatan Fasilitas Pelayanan Penumpang di Stasiun Cikudapateuh FINAL.pdf
Restricted to Registered users only until 28 November 2030.

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Stasiun Cikudapateuh merupakan stasiun kelas kecil di wilayah kerja Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung yang berada pada lintas Bandung – Cicalengka dengan melayani 2 Kereta Api, yaitu Kereta Api Lokal Bandung Raya dan Kereta Api Lokal Garut Cibatu. Menilai dari fasilitas pelayanan penumpang yang tersedia di Stasiun Cikudapateuh, berdasarkan prediksi penelitian, terdapat beberapa fasilitas pelayanan penumpang di Stasiun Cikudapateuh yang belum memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api. Analysis yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah: Analisis peramalan jumlah penumpang di Stasiun Cikudapateuh, Analisis Kondisi Eksisting Fasilitas Pelayanan Penumpang di Stasiun Cikudapateuh, Analisis jumlah penumpang pada jam sibuk, dan Analisis tingkat kepuasan dan kepentingan fasilitas pelayanan penumpang di Stasiun Cikudapateuh. Berdasarkan analisis tingkat kepuasan dan kepentingan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), didapatkan nilai CSI sebesar 0,76 sedangkan berdasarkan metode Impotance Performance Analysis (IPA) didapatkan 7 fasilitas pelayanan penumpang di Stasiun Cikudapateuh yang berada pada kuadran I dan 1 fasilitas pelayanan penumpang yang berada pada kuadran III. Fasilitas pelayanan penumpang yang berada pada kuadran I memiliki tingkat prioritas utama untuk dilakukan peningkatan. Fasilitas yang berada di kuadran I yaitu: Akses keluar masuk stasiun, Fasilitas Keselamatan, Fasilitas Kesehatan, Fasilitas ruang tunggu, fasilitas naik/turun penumpang, fasilitas tempat parkir, dan fasilitas penyandang disabilitas dan ibu menyusui. Selain itu, untuk fasilitas yang berada pada kuadran III dengan tingkat prioritas rendah untuk dilakukan peningkatan adalah fasilitas toilet. Semua fasilitas dilakukan peningkatan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 2019 serta tingkat kepuasan dan kepentingan penumpang terhadap fasilitas pelayanan penumpang di Stasiun Cikudapateuh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan fasilitas, Analisis tingkat kepuasan dan kepentingan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Perkeretaa MTP 1.1
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:57
Last Modified: 10 Jul 2024 06:57
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5488

Actions (login required)

View Item View Item