Evaluasi Jarak Etak Blok Antara Sinyal Masuk Dengan Sinyal Keluar Di Stasiun Pangkajene

Much Arief Januar, Arief (2023) Evaluasi Jarak Etak Blok Antara Sinyal Masuk Dengan Sinyal Keluar Di Stasiun Pangkajene. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text (halaman cover)
cover.pdf
Restricted to Registered users only until 19 December 2030.

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (bab 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini Pulau Sulawesi memiliki jalur kereta api dengan lebar 1435 mm dan lebar jalur tersebut kecepatan kereta api mampu mencapai kecepatan maksimal 160 km/jam dengan jarak pengereman sejauh 1650 meter dari titik awal pengereman sampai kereta api berhenti, sama halnya jarak antara petak blok sinyal muka dengan sinyal masuk memiliki jarak 1650 meter. Jarak petak blok sinyal masuk dengan sinyal keluar di Stasiun Pangkajene hanya memiliki jarak 836 meter, akibatnya kereta akan melewati batas berhenti sinyal keluar dan itu membahayaka keselamatan kereta api. Evaluasi jarak petak blok antara sinyal masuk dengan sinyal keluar dilakukan melalui survei kelembagaan dan survei lapangan untuk mendapatkan data sekunder dan primer yang digunakan sebagai dasar perhitungan jarak petak blok, poin poin utama yang termasuk dalam analisis ini adalah analisis jarak pengereman kereta api dan analisis jarak petak blok. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa jarak petak blok antara sinyal masuk dengan sinyal keluar kurang 824 meter dari arah hulu dan kurang 840 meter dari arah hilir sehingga diberikan alternatif usulan terkait permasalahan ini yaitu penggeseran peralatan persinyalan, usulan SOP BLB KA, atau penggunaan sistem persinyalan 4 aspek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jarak pengereman kereta api, petak blok;, SOP Berhenti Luar Biasa; sistem persinyalan 4 aspek.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Perkeretaa MTP 1.2
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:58
Last Modified: 10 Jul 2024 06:58
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5494

Actions (login required)

View Item View Item