MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR LARANGAN KABUPATEN SIDOARJO

Anom Laksmana Irsyad, Anom (2023) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR LARANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until September 2030.

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Pasar Larangan merupakan salah satu pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Berada di ruas jalan nasional penghubung Kabupaten Kawasan CBD kabupaten Sidoarjo yang memiliki volume lalu lintas tinggi dan di sepanjang tepi jalan terdapat parkir on street dan kegiatan jual beli barang. Dengan lebar efektif jalan hanya 8 m, timbul permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas pada jam sibuk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan analisis penerapan alternatif skenario penyelesaian masalah untuk meningkatkan kinerja lalu lintas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kinerja jaringan, analisis pejalan kaki dan analisis parkir. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di lokasi studi. Untuk analisis kinerja jaringan pada skenario dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi yaitu aplikasi Vissim. Hasil kinerja jaringan Kondisi saat ini tersebut kemudian akan dibandingkan dengan hasil kinerja jaringan jalan Usulan penanganan untuk memperoleh skenario terbaik. Dalam penelitian ini parameter kinerja jaringan digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan. Dari hasil analisis dengan melakukan permodelan pada aplikasi Vissim diperoleh skenario terbaik. Skenario ini dilakukan dengan pemindahan parkir on street ke off street, pelarangan pedagang berjualan di lahan parkir Pasar Larangan, melarang angkutan umum yang menunggu serta naik turun penumpang di badan jalan, pengadaan fasilitas pejalan kaki dan pembatasan kecepatan pada ruas jalan di Pasar Larangan. Dengan penerapan Usulan penanganan seperti yang dikaji dalam penelitian ini, kinerja lalu lintas kawasan Pasar Larangan Kabupaten Sidoarjo meningkat. Kinerja lalu lintas yang dihasilkan tersebut memiliki tundaan rata-rata 22,51 detik, kecepatan jaringan 32,69 km/jam, total jarak perjalanan 10,62 km dan total waktu perjalanan 452,86 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Traffic Performance, Pedestrians, Parking, Speed restrictions, Vissim Application
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.7
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:59
Last Modified: 10 Jul 2024 06:59
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item