EVALUASI KOMPONEN JALAN REL ANTARA STASIUN BLIMBINGPENDOPO - NIRU LINTAS BAGIAN HULU KM 352+200-340+600

ADE LUTHFI PERMANA PUTRA, LUTHFI and M. POPIK MONTANASYAH, M. POPIK MONTANASYAH and THERESIA FAJAR PURBOSARI, THERESIA FAJAR PURBOSARI (2023) EVALUASI KOMPONEN JALAN REL ANTARA STASIUN BLIMBINGPENDOPO - NIRU LINTAS BAGIAN HULU KM 352+200-340+600. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Struktur jalan rel merupakan suatu bagian jalur kereta api yang berperan penting terhadap kinerja suatu operasional kereta api yang terdiri dari beberapa indikator, seperti keselamatan, keamanan, dan ketepatan waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun program pemeliharaan komponen jalan rel tentu kedepannya dapat memberikan kontribusi positif dan optimal untuk mempermudah dalam pengendalian serta koordinasi antar pihak demi terwujudnya program pemeliharaan komponen jalan rel secara efesien dan efektif. Analisis dilakukan pada koridor Stasiun Blimbingpendopo – Niru lintas bagian hulu. Pada penelitian ini dilakukan analisis sistem kebutuhan komponen dan perawatan jalan rel berdasarkan hasil perhitungan dari analisis passing tonnage dan klasifikasi kelas jalan kereta api. Analisis passing tonnage atau daya angkut lintas per tahun ditentukan berdasarkan data stamformasi dan frekuensi Gapeka 2023 pada sampel lintas yang diteliti. Kelas jalan dapat ditentukan berdasarkan tabel klasifikasi jalan rel pada Peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2012. Kemudian dilakukan perhitungan analisis kebutuhan pemeliharaan jalan rel berdasarkan hasil dari analisis passing tonnage dan klasfikasi kelas jalan rel sehingga kebutuhan pemeliharaan komponen jalan rel dapat diketahui sesuai dengan data yang diperoleh dari lintas yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa antara Stasiun Blimbingpendopo – Niru lintas bagian hulu merupakan jalur dengan tipe jalan rel kelas I dengan memiliki daya angkut lintas sebesar 120.106 juta ton/tahun Berdasarkan hasil Data Material Jalan Rel (DMJR) diperoleh rekomendasi perbaikan komponen yang rusak yaitu penaganan rel cacat, bantalan rusak, penambat hilang, volume balas yang kurang, dan melakukan pergantian jenis komponen yang belum memenuhi standar klasifikasi kelas jalan rel 1 serta melakukan perawatan frekuensi pemecokan 1 bulan sekali pada jalan rel bagian hulu antara Stasiun Blimbingpendopo – Niru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Perkeretaa MTP 1.1
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:59
Last Modified: 02 Sep 2024 05:04
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item