RENCANA POLA OPERASI MRT JAKARTA BERDASARKAN KEPADATAN PENUMPANG

AFRILDA KARTINI SEMBIRING, AFRIL (2023) RENCANA POLA OPERASI MRT JAKARTA BERDASARKAN KEPADATAN PENUMPANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (532kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (531kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 21 April 2045.

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 21 April 2045.

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 21 April 2045.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only until 21 April 2045.

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 April 2045.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Stasiun Istora Senayan, adalah salah satu stasiun MRT Jakarta yang berlokasi di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Stasiun ini memiliki latar belakang yang penting saat event - event besar yang diadakan di sekitar area GBK, seperti konser, festival,pertandingan olahraga, dan acara-acara lainnya, yang menyebabkan lonjakan kepadatan penumpang di Stasiun Istora pada saat-saat tertentu, terutama sebelum dan setelah event berlangsung. adanya lonjakan penumpang ini tentunya menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang sehingga banyaknya keluhan yang didapati dari penumpang. Hal ini dapat mempengaruhi pola operasi MRT Jakarta dan perlu direncanakan dengan baik untuk mengatasi peningkatan permintaan, tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan yang lancar, aman, dan efisien bagi para penumpang yang ingin menghadiri event tersebut melalui MRT Jakarta. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang rencana pola operasi khus MRT Jakarta, untuk menentukan strategi yang sesuai dengan permasalahan yang ada. Sehingga metode penelitian yang digunakan salah satunya adalah metode analisis S t r e n g h t, W e a k n e s s , Opportunity, Treat (SWOT). Dari hasil analisi data yang dilakukan, maka stategi yang tepat untuk meminimalisir adanya lonjakan penumpang adalah dengan menambah frekuensi kereta disaat adanya event besar. Penambahan frekuensi saat event besar ini dapat dilakukan pada malam hari dimulai mulai dari pukul 21.00, dikarenakan berdasarkan data penumpang saat event besar yang ada, lonjakan penumpang terjadi diantara jam 21.00-23.00. Sehingga dapat mengurai penumpukan penumpang saat adanya lonjakan penumpang ketika event besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Crowd Management, Kepadatan Penumpang, Event Besar, Pola Operasi
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Perkeretaa MTP 1.2
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:01
Last Modified: 10 Jul 2024 07:01
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item