OPTIMALISASI PERBAIKAN TIDAK LULUS UJI PADA KENDARAAN WAJIB UJI DI UP PKB UJUNG MENTENG

DHIKA, SAMBORA (2020) OPTIMALISASI PERBAIKAN TIDAK LULUS UJI PADA KENDARAAN WAJIB UJI DI UP PKB UJUNG MENTENG. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
TUGAS AKHIR DHIKA SAMBORA (1805065) PKB 2.3.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (3MB)

Abstract

Pada kesehariannya Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta bertugas melakukan pengujian terhadap kendaraan bermotor wajib uji. Tugas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Dari hasil pemeriksaan kondisi kendaraan, maka diperlukan pelayanan dan tenaga pembantu dari instansi pemerintahan demi kelancaran pengujian kendaraan bermotor itu sendiri, terciptanya transportasi yang sesuai dengan kelayakan selama berada di jalan raya serta supaya pengguna transportasi merasa aman, nyaman, cepat/ lancar, dan tertib/ teratur supaya masyarakat lebih percaya akan sarana transportasi yang digunakan. unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta mulai menggunakan sistem BLUe ( Bukti Lulus Uji Elektronik ) pada tahun 2020. Adapun pelayanan pengujian yang dilakukan yaitu uji berkala periodik, numpang uji masuk, numpang uji keluar, mutasi masuk, mutasi keluar, kendaraan yang tidak lulus uji, kendaraan yang aktif kembali, dan kendaraan non aktif. kendaraan yang telah diuji akan mandapatkan surat keterangan lulus uji/bukti lulus uji atau surat keterangan tidak lulus uji. Bukti lulus uji berupa smart card, sertfikat, stiker hologram, sedangkan bila kendaraan tidak lulus uji maka akan mendapatkan surat keteranagn tidak lulus uji yang bertuliskan “TIDAK BERLAKU UNTUK OPERASI” dan terdapat keterangan item yang tidak lulus uji didalamnya agar dapat diperbaiki dan disesuaikan dengan ambang batasnya. Data primer meliputi : a. Pengamatan terhadap kondisi sarana peralatan utama serta penunjang pada Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng meliputi : 1) Aspek kinerja alat (unjuk kerja alat) 2) Kalibrasi 3) Utilitas (intensitas pemakain/penggunaan alat) 4) Perawatan dan pemeliharaan 5) Perbaikan alat b. Pengamatan terhadap kondisi prasarana pada Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng, meliputi : 1) Tata letak, ukuran dan kontruksi 2) Spesifikasi teknis fasilitas, meliputi : a) Bangunan gedung b) Generator set c) Kompresor dan gudang d) Jalan keluar masuk e) Lapangan Parkir f) Pagar g) Gedung Administrasi h) Fasilitas penunjang umum i) Fasilitas Listrik dan penerangan j) Pompa air dan menara air c. Pengamatan terhadap pelaksanaan pelayanan pengujian dan durasi waktu pelayanan administrasi dimulai dari pendaftaran hingga pengesahan hasil uji. d. Jumlah kendaraan bermotor wajib uji Data Sekunder : Jenis data yang diperoleh secara tidak langsung, seperti hasil – hasil penulisan terlebih dahulu, kepustakaan, buku – buku, dokumentasi, sumber – sumber lain yang berhubungan dengan pengujian kendaraan bermotor,serta keterangan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan PKL yang digunakan sebagai pendukung data primer, meliputi : 1) Peta wilayah administrasi pada Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng 2) Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan pengujian 3) Dokumen persyaratan Uji pertama, Uji berkala, Numpang uji, Mutasi, Rubah bentuk 4) Kondisi existing jumlah tenaga penguji dan wewenang tugas di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng 5) Data kompetensi penguji di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng 6) Peraturan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta tentang Standar Operasional Prosedur Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor 7) Jumlah, Jenis dan Spesifikasi alat uji yang ada 8) Jadwal perawatan dan pemeliharaan serta perbaikan sarana dan prasaran di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng meliputi perawatan mingguan, bulanan, dan tahunan selama 3 tahun terakhir. 9) Hasil kalibrasi peralatan uji utama selama 3 tahun terakhir 10) Utilitas penggunaan peralatan uji utama selama 3 tahun terakhir. Setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) kurang lebih selama tiga minggu dari tanggal 2 maret 2020 hingga 20 maret 2020 dengan melihat dan melakukan pengamatan serta mengikuti pelayanan pengujian kendaraan bermotor dilapangan secara langsung, penulis menarik kesimpulan bahwa : 1. secara umum pelayanan pengujian kendaraan bermotor di UP PKB Ujung Menteng Jakarta Timur berjalan dengan baik atau sesuai dengan prosedur SOP yang telah ditetapkan. 2. masih terdapat permasalahan yang timbul khususnya bagian sarana dan prasarana yaitu kurangnya sosialisasi terhadap item item pengujin beserta ambang batasnya dan langkah langkah untuk mencapainya agar pelayanan pengujian di UP PKB Ujung Menteng lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: TIDAK LULUS UJI, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: PRODI PKB DII
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:24
Last Modified: 08 Mar 2021 07:51
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item