Indah Kirani, Kirani and Erfianto R. Chan, Erfianto and I Made Arka H., Arka (2023) Analisis Kapasitas Pemeliharaan Kereta di Depo Kereta Malang Dengan Beban Program Pemeliharaan Periodik. Analisis Kapasitas Pemeliharaan Kereta di Depo Kereta Malang Dengan Beban Program Pemeliharaan Periodik. pp. 1-14. (Unpublished)
![]() |
Text
INDAH KIRANI - JURNAL TUGAS AKHIR.pdf Download (746kB) |
Abstract
Perkeretaapian adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas prasarana, sarana, dan sumber daya manusia, serta norma, kriteria, persyaratan, dan prosedur untuk penyelenggaraan transportasi kereta api. Setiap sarana perkeretaapian wajib dilakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala. Perawatan dan pemeriksaan sarana kereta api dapat dilakukan di depo, balai yasa, ataupun tempat perawatan lainnya. Jenis pemeliharaan dan pemeriksaan yang dilaksanakan di Depo Kereta antara lain pemeriksaan harian dan pemeliharaan bulanan. Depo Kereta Malang hanya mempunyai satu jalur untuk melakukan pemeliharaan bulanan. Dengan hanya satu jalur pemeliharaan di Depo Kereta Malang, hanya sedikit program dan realisasi yang dilakukan tepat waktu. Persentase kereta yang terlambat dilakukan pemeliharaan pada Bulan Januari-April 2023 lebih dari 30%. Satu jalur pemeliharaan Depo Kereta Malang hanya mampu menampung 45 kereta/tahun untuk dilakukan pemeliharaan bulanan. Sedangkan jumlah kereta yang terdapat di Depo Kereta Malang saat ini adalah 99 kereta. Depo Kereta Malang membutuhkan minimal 2 (dua) jalur pemeliharaan bulanan dan 1 (satu) jalur pemeliharaan harian, sehingga Depo Kereta Malang perlu menambah jalur pemeliharaan kereta baik untuk pemeliharaan bulanan maupun untuk pemeliharaan harian. Kata Kunci : Kereta, Depo Kereta, Kapasitas Pemeliharaan Railways are a unified system consisting of infrastructure, facilities and human resources, as well as norms, criteria, requirements and procedures for organizing railway transportation. Every railway facility must undergo regular maintenance and inspection. Maintenance and inspection of railway facilities can be carried out at the depot, service center or other maintenance places. The types of maintenance and inspections carried out at the Train Depot include daily inspections and monthly maintenance. The Malang Train Depot only has one track to carry out monthly maintenance. With only one maintenance line at the Malang Train Depot, few programs and realizations are carried out on time. The percentage of trains that are late for maintenance in January-April 2023 is more than 30%. One Malang Train Depot maintenance line can only accommodate 45 trains/year for monthly maintenance. Meanwhile, the number of trains at the Malang Train Depot currently is 99 trains. The Malang Train Depot requires a minimum of 2 (two) monthly maintenance lines and 1 (one) daily maintenance line, so the Malang Train Depot needs to add train maintenance lines for both monthly maintenance and daily maintenance. Keywords: Train, Train Depot, Maintenance Capacity
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Depo Kereta, Perawatan Sarana, Sarana Perkeretaapian |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian |
Depositing User: | Perkeretaa MTP 1.1 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 07:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:04 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |