OPTIMALISASI PENGOPERASIAN ALAT UJI HEADLIGHT TESTER PADA UNIT PENGELOLA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA TANGERANG

JESICA, FLORENZIA MONORA MARPAUNG (2020) OPTIMALISASI PENGOPERASIAN ALAT UJI HEADLIGHT TESTER PADA UNIT PENGELOLA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA TANGERANG. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
TUGAS AKHIR JESICA FLORENZIA.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (2MB)

Abstract

Pada proses pengujian sendiri harus menggunakan peralatan uji yang telah ditentukan sebagaimana mestinya. Optimalnya standar operasional prosedur alat uji akan memberikan hasil uji yang lebih akurat dikarenakan penguji yang melaksanakan pengujian tidak terhambat untuk mengoperasikan peralatan uji. Banyak penyebab kecelakaan lalu lintas dari aspek kendaraan, salah satunya banyak lampu kendaraan yang tidak menyala, dilihat dari permasalahannya karena banyaknya pencahayaan sinar lampu yang tidak sesuai dengan ambang batas yang ditentukan. Terkait dengan itu perlu dilakukan pengujian terhadap lampu kendaraan bermotor sehingga apabila kendaraan digunakan lampu dapat menyala sesuai ketentuan yang berlaku. Headlight tester adalah alat uji untuk mengukur kemampuan pancar lampu utama dan penyimpangannya pada kendaraan. Data Primer meliputi : a. Pengamatan pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor; b. Pengamatan peralatan pengujian kendaraan bermotor; c. Pengamatan kondisi sarana dan prasarana pengujian. Data Sekunder meliputi : a. Data sarana dan prasarana yang ada pada Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Tangerang; b. Data struktur organisasi dan tenaga penguji pada Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Tangerang; c. Data jumlah kendaraan wajib uji; d. Keadaan alat uji headlight tester. Adapun metode yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini sebagai berikut : 1. Metode Observasi, 2. Metode Kegiatan Praktik, 3. Metode Wawancara. Setelah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan pada Unit Pelaksanaan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Tangerang yang dimulai dari tanggal 02 Maret 2020 sampai dengan 19 Maret 2020, dengan melakukan pengamatan dan ikut langsung dalam proses Pengujian Kendaraan Bermotor maka dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor pada Unit Pelaksanaan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Tangerang telah terlaksana dengan cukup baik. Tetapi, secara khusus masih ada kekurangan atau permasalahan yang timbul khususnya pada proses pengujian mekanis terutama pada alat uji headlight tester. Berikut kekurangan atau permasalahan yaitu: 1. Masih menggunakan alat uji yang menggunakan sistem manual dengan penunjuk hasil dengan model analog yang mengakibatkan pembacaan hasil pemeriksaan penyimpangan sinar lampu utama sulit terbaca dan waktu pelaksanaan pengujian pada headlight tester relatif lama. 2. Roll pada alat uji mekanis headlight tester terkadang mengalami gangguan (keluar Line Roll). Hal itu karena bentuk line roll pada alat uji headlight tester yang terlalu pendek yang mengakibatkan roll pada alat uji headlight tester keluar jalur. 3. kurang maksimalnya perawatan dan tidak adanya jadwal perawatan pada alat uji headlight tester, sehingga dapat membuat alat uji headlight tester bekerja tidak optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: HEADLIGHT TESTER, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: PRODI PKB DII
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:25
Last Modified: 08 Mar 2021 07:58
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item